Heboh Hujan Es Di Minahasa, Ini Penjelasan BMKG | Utustoria Heboh Hujan Es Di Minahasa, Ini Penjelasan BMKG – Utustoria

Heboh Hujan Es Di Minahasa, Ini Penjelasan BMKG

306
Spread the love

Photo: Butiran Es (Sumber Unggahan Yanny-Janny di Facebook)

Utustoria.com,SULUT-Warga di Desa Touliang, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara dihebohkan dengan hujan es.

Hujan ini disebutkan baru pertama kalinya terjadi di wilayah tersebut. Fenomena hujan es itu direkam dan diunggah oleh akun Facebook milik Yanny-Janny Rawung.

Dia menuliskan fenomena itu terjadi pukul 14.00 WIB siang tadi. “Fenomena alam, hujan es di Touliang Kakas. Jam 14.00, sebelum ibadah PKB Jemaat GMIM Karunia Touliang,” tulis Yanny di akun Facebook-nya, Minggu (14/02/2021).

Terpisah, Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle mengatakan hujan es itu terjadi karena cuaca ekstrim. Awan Cumulonimbus yang terjadi dapat membentuk butiran-butiran es.

“Untuk cuaca ekstrim tersebut dapat menyebabkan terjadi hujan es yang diakibatkan oleh kondisi atmosfer yang jenuh dan awan Cumulonimbus yang telah mencapai inti kondensasi membentuk butiran-butiran es (kristal es) dalam awan,” ujar Ben, Minggu (14/2/2021).

Ben mengatakan butiran-butiran es itu jatuh dan tidak bisa dihalangi oleh atmosfer. Butiran es jatuh ke permukaan bumi dengan ukuran yang bervariasi.

“Menurut pantauan kami, untuk wilayah Kakas memang terbentuk Awan Cumulonimbus yang sangat signifikan dengan suhu puncak awan yang sangat dingin,” terangnya.

(SVG/Sumber DetikNews)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *