Media Adalah Penggerak Opini; Sambutan Azhari Idris Terkait Pengembangan Proyek Migas Senoro Selatan JOB Tomori - Utustoria Media Adalah Penggerak Opini; Sambutan Azhari Idris Terkait Pengembangan Proyek Migas Senoro Selatan JOB Tomori - Utustoria

Media Adalah Penggerak Opini; Sambutan Azhari Idris Terkait Pengembangan Proyek Migas Senoro Selatan JOB Tomori

95
Spread the love

Photo: Azhari Idris, Kepala Perwakilan SKK Migas Kal-Sul dalam sambutannya pada kegiatan Media Gathering JOB Tomori – SKK Migas di Bandung

Utustoria.com, Banggai – Dalam kegiatan Media Gathering SKK Migas – JOB Tomori yang digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (25/6/2024), Kepala SKK Migas Kalsul, Azhari Idris, menekankan peran krusial media dalam membentuk opini publik.

“Media adalah entitas yang paling berkuasa di dunia. Mereka mempunyai kekuatan untuk membuat orang yang tidak bersalah menjadi bersalah dan membuat orang yang bersalah menjadi tidak bersalah, dan itulah kekuatan. Karena mereka mengendalikan pikiran massa,” ujarnya, Mengutip Malcom

Sambutan tersebut disampaikan di tengah-tengah pembahasan mengenai proyek pengembangan Blok Migas Senoro Selatan yang sedang dijalankan oleh JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, atau JOB Tomori, di Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Proyek ini merupakan bagian dari upaya besar JOB Tomori, yang sudah beroperasi selama delapan tahun di Banggai, untuk memenuhi target produksi dan mendukung kebutuhan energi nasional. Sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Hulu Migas di bawah pengawasan SKK Migas, JOB Tomori menargetkan proyek ini selesai dan mulai produksi pada Oktober 2025.

Business Support Senior Manager JOB Tomori, Agus Sudaryanto, menjelaskan bahwa pengembangan Blok Migas Senoro Selatan merupakan proyek nasional yang dirancang untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai.Proyek ini bertujuan untuk mengantisipasi penurunan produksi gas yang akan disuplai ke beberapa pembeli seperti PT. DSLNG, PAU, Jargas, dan juga untuk mendukung pembangkit listrik PLN. Saat ini, Kabupaten Banggai sedang menghadapi krisis listrik dan pemadaman bergilir akibat keterbatasan suplai BBM solar ke PLN.

“Kami berharap kehadiran kami dapat memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Mohon doanya agar proyek ini berjalan lancar,” ujar Agus Sudaryanto.

Ia juga menambahkan bahwa proyek ini akan memberikan efek ganda bagi pembangunan daerah, termasuk sektor UMKM dan pendidikan.

Proyek pengembangan Senoro Selatan mencakup pengeboran untuk mendapatkan cadangan gas baru dan penanaman pipa sepanjang kurang lebih 17 kilometer yang akan dimulai pada Oktober 2024.

Dengan perpanjangan kontrak yang berlangsung dari 2027 hingga 2047, Pemerintah Kabupaten Banggai merencanakan Participating Interest (PI) 10% diambil oleh BUMD kabupaten Banggai dan hasilnya dibagi ke Provinsi. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi berbagai sektor di Kabupaten Banggai, termasuk stabilitas listrik dan peningkatan ekonomi daerah. (Red)