Dukung Keberlanjutan Ekosistem Laut, Pertamina EP Donggi Matindok Field Ajak Melestarikan Terumbu Karang melalui Coral Project - Utustoria Dukung Keberlanjutan Ekosistem Laut, Pertamina EP Donggi Matindok Field Ajak Melestarikan Terumbu Karang melalui Coral Project - Utustoria

Dukung Keberlanjutan Ekosistem Laut, Pertamina EP Donggi Matindok Field Ajak Melestarikan Terumbu Karang melalui Coral Project

204
Spread the love

Photo: Dokumentasi Kegiatan Pelestarian Ekosistem Laut (Relation Pertamina EP DMF)

".....keberlanjutan ini dalam rangka menjaga ekosistem laut khususnya dalam pencegahan perubahan iklim", pungkasnya.

Utustoria.com, Banggai– Pertamina EP Donggi Matindok Field yang tergabung dalam Subholding Upstream Regional Indonesia Timur berkomitmen dalam pelestarian ekosistem laut melalui CORAL PROJECT, Kamis (13/07).

Peran penting ekosistem laut sebagai penjaga keseimbangan iklim di Bumi, sumber pangan dan perikanan terbesar, penyerap karbondioksida, dan juga penyerap polutan lain di laut menjadi alasan penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan biota.

Pertamina EP Donggi Matindok Field melalui Kegiatan CORAL PROJECT dengan tema Collaboration For Sea Life Sustainability turut mengajak stakeholder terkait untuk bersama-sama melestarikan dan memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan yang turut mendukung SDGs No. 14.

Turut hadir dalam kegiatan Lady Diana Khartiono, S.Pi.,M.Si Universitas Muhammdiyah Luwuk,
Aunurofiq, S.Pi Dinas Perikanan,
Galih Ajeng dan Muhammad Rodi dari Pertamina Diving Club, Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup, Agus Budi, S.Ip, Manajemen Pertamina EP Donggi Matindok Field, Pemerintah Kecamatan Toili Barat, Universitas Tompotika Luwuk, Kepala Polisi resort pos Toili Barat, Koramil Toili, Pemerintah Desa Pandanwangi, Pemerintah Desa Dongin, serta pelajar SMA dan SMKN Se Kecamatan Toili Barat.

Coral Project ini diikuti dengan serangkaian kegiatan meliputi transplantasi terumbu karang dan pembuatan rumah ikan lebih dari 50 unit media transplantasi, edukasi dan sosialisasi peran ekosistem laut pada masyarakat, pembuatan rumah ikan oleh 75 siswa sekolah, perlombaan essay dan poster, serta coastal clean up.

Manager Donggi Matindok Field Ridwan Kiay Demak menyampaikan, “Kegiatan Coral Project melalui transplantasi terumbu karang ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi ikan-ikan disekitar, sehingga kelestarian ekosistem laut dapat terus terjaga. Kami berharap program ini tetap terus berlanjut sesuai dengan prinsip keberlanjutan Pertamina EP sebagai BUMN, keberlanjutan ini dalam rangka menjaga ekosistem laut khususnya dalam pencegahan perubahan iklim”, pungkasnya.

Karya yang nantinya akan ditanam merupakan karya anak-anak SMK dan SMA di Kecamatan Toili Barat. Kegiatan ini bersamaan dengan penurunan Fish Dome, Reefball, Bioreeftek dan kegiatan penanaman terumbu karang dengan jenis Acropora di Pantai Pandanwangi.
Acara ini ditutup dengan pemberian apresiasi kepada pelajar yang telah berkontribusi menyumbangkan idenya melalui penulisan essay dan poster. (Red)