Bersih Pantai, H. Akmal; Berbuatlah Untuk Generasi! - Utustoria Bersih Pantai, H. Akmal; Berbuatlah Untuk Generasi! - Utustoria

Bersih Pantai, H. Akmal; Berbuatlah Untuk Generasi!

1210
Spread the love

Photo: H. Akmal (Tengah) Bersama Peserta Lainnya Ikut Membersihkan Pantai ( Sumber: Reza Fauzi)

Utustoria.com, Banggai – Bertempat di Desa Pandan Wangi, H. Akmal selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banggai (DPRD Banggai) turut terlibat dan ambil bagian dalam kegiatan bersih pantai yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Donggi Matindok Field. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional (BK3N).

Kegiatan bersih pantai ini diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan tenaga kerja dan sejumlah kemitraan Pertamina EP DMF, termasuk juga Siswa – siswi dari SMK Negeri 2 Toili Barat, Pemerintah Desa Pandanwangi, dan juga Pemerintah Kecamatan Toili Barat yang di wakili oleh Sekretaris Kecamatan, I Gusti Made Swabawa, yang sekaligus membuka acara dengan resmi.

Diawali dengan melakukan tensi darah dan cek kesehatan, seluruh peserta kemudian melakukan susur pantai untuk melakukan pembersihan sepanjang bibir pantai yang berjarak kurang lebih 2 kilo meter.

Photo: H. Akmal lakukan susur pantai mengumpulkan sampah (Sumber: Reza Fauzi)

Selain ikut mengumpulkan sampah yang berserakan, H. Akmal pada media ini menyampaikan pesannya terkait betapa pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut. Menurutnya lingkungan yang bersih adalah salasatu budaya bagi masyarakat yang memiliki pola pikir maju. Terlebih lagi dirinya juga menyampaikan bahwa kebersihan pantai dan laut adalah bagian dari upaya untuk melestarikan ekosistem laut agar tetap terjaga untuk generasi.

“Lingkungan yang bersih adalah budaya orang yang memiliki pola pikir maju. Kelestarian ekosistem laut wajib kita persembahkan untuk generasi.” Ujar Aleg muda perwakilan Toili Raya ini.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Pandan Wangi, Kadek Suardika menambahkan, bahwa kegiatan bersih lingkungan secara rutin dilakukan oleh Pemerintah Desa dan Masyarakat Pandan Wangi.

“Tidak hanya pantai tapi semua sektor publik yang ada di Desa Pandan Wangi secara rutin kami setiap minggunya bergotong royong untuk melakukan pembersihan bersama, yaitu setiap hari Kamis.” Ujar Kades.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan secara momentual, tapi terus berkelanjutan. (Red)