Bangun kerja sama dengan Pemda Banggai, JOB Tomori Gelar Bimtek Kampung Iklim - Utustoria Bangun kerja sama dengan Pemda Banggai, JOB Tomori Gelar Bimtek Kampung Iklim - Utustoria

Bangun kerja sama dengan Pemda Banggai, JOB Tomori Gelar Bimtek Kampung Iklim

667
Spread the love

Photo: Bimbingan Teknis Program Kampung Iklim (Proklim)

Utustoria.com, Banggai. Sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup seperti yang tertuang dalam Undang – undang nomor 32 tahun 2009, Pemerintah daerah kabupaten Banggai bekerja sama dengan JOB Tomori melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program kampung iklim (Proklim), bertempat di hotel Estrella kota Luwuk. (27/12).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Banggai ini diikuti oleh sejumlah peserta yang masing – masing adalah unsur perangkat daerah Kabupaten Banggai, Camat, Kepala Desa, Aparat Desa dan Kelompok masyarakat yang terdiri dari Pokdarwis, UMKM, PKK, Poktan, BSU dari 7 desa yang telah di tetapkan sebagai calon desa Proklim.

Adapun 7 calon desa proklim Binaan JOB Tomori adalah Desa Sinorang dan Desa Paisubololi untuk Wilayah Kecamatan Batui Selatan, serta Desa Sumberharjo, Slametharjo, Mulyoharjo, Karanganyar, dan Argomulyo untuk Wilayah Kecamatan Moilong.

Dalam sambutannya Wakil Bupati (Wabup) Banggai, menyampaikan bahwa tanggung jawab terhadap perubahan iklim merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu dirinya berterima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya Dinas Lingkungan hidup, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), JOB Tomori dan seluruh Pihak terkait yang telah bersama – sama meningkatkan keterlibatan masyarakat di dalam merespon wacana perubahan iklim.

“Saya mengapresiasi setinggi – tingginya dan berterimakasih kepada dinas lingkungan hidup, JOB Tomori Sulawesi Tengah, KLHK, dan seluruh pihak terkait yang telah ikut bersama dalam suksesnya kegiatan yang sangat baik ini.” Ungkap Wabup dalam sambutannya.

Hadir sebagai narasumber dalam bimtek tersebut, yaitu Cut Salwitry Tray, S.Sos, selaku Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda, dari direktorat adaptasi perubahan iklim Ditjen Pengendalian perubahan Iklim KLHK, Sudarwanto S.Hut, MP, selaku Pengendali Ekosistem Hutan Muda yang mewakili Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi Ditjen PPI KLHK, Sukyati ST., M.Si, Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah, dan Ferdy Salamat, ST, M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sebagai perwakilan dari JOB Tomori, hadir secara langsung dan ikut memberikan sambutan yaitu, Yudi Yanto selaku Community Development section Head JOB Tomori.

Dirinya menyampaikan bahwa selain Proklim yang berkaitan dengan kesehatan, Pihak JOB Tomori sejauh ini juga telah ikut melaksanakan program – program yang berkaitan dengan aspek, pendidikan, Ekonomi, dan Infrastruktur.

“Sejauh ini program – program tersebut telah berjalan dengan lancar, dan ke depan JOB Tomori tetap membuka diri untuk membangun sinergitas dalam upaya tercapainya program pembangunan di Kabupaten Banggai.” Ujar Yudi.

Hal tersebut berkaitan dengan tujuan pelaksanaan Bimtek Proklim yang ada dalam laporan kepanitiaan, yaitu meningkatkan pemahaman stakeholder terhadap perannya dalam kegiatan proklim, seperti yang tertuang dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan no PP. 84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tentang program kampung iklim. (Red)