KPA Sulteng Dukung Gerakan Front Petani Batui Lingkar Sawit - Utustoria KPA Sulteng Dukung Gerakan Front Petani Batui Lingkar Sawit - Utustoria

KPA Sulteng Dukung Gerakan Front Petani Batui Lingkar Sawit

511
Spread the love

Photo: Kordinator Wilayah KPA Sulteng, Doni Moidady

Utustoria.com, Banggai. Konsorsium Pembaharuan Agraria Sulteng (KPA Sulteng) mendukung gerakan Front Petani Batui Lingkar Sawit. Hal ini di sampaikan oleh Kordinator Wilayah, Doni Moidady. Kamis, 7 Juli 2022.

Menurut Doni bahwa tuntutan utama Petani terkait Mosi tidak percaya terhadap Tim Pokja Bentukan Pemda Banggai adalah hal yang tepat.

“Sedari awal tim pokja ini tidak partisipatif dalam mengambil keputusan. Selain itu representasi warga tidak dilibatkan di dalam tim pokja ini yang membuatnya bias kekuasaan” Ungkap Doni.

Lanjut, ia juga menjelaskan Tim Pokja mestinya secepatnya menyeleasaikan verifikasi pekebun yang memiliki alas hak di dalam kawasan HGU PT. SCEM.

“Dalam proses ini juga, Pemerintah Daerah untuk tidak dulu menambah polemik dengan menambah usulan HGU yang diminta oleh PT. SCEM. Mosi tidak percaya rakyat terhadap lembaga bentukan negara mesti disikapi dengan serius, jika tidak Pemda Banggai gagal mengelola dinamika konflik agraria yang ada” Ujarnya.

Sehingga Menurutnya bahwa Pemda Banggai berkonsekuensi adalah ketidakpercayaan “Konsekuensinya adalah ketidakpercayaan rakyat kepada pemerintah” Tutup Alumni Mahasiswa Administrasi Negara di Untad tersebut. (Red)