Albertina Ho Resmi Menjadi Terlapor Di Dewas KPK, Ini Kasusnya; - Utustoria Albertina Ho Resmi Menjadi Terlapor Di Dewas KPK, Ini Kasusnya; - Utustoria

Albertina Ho Resmi Menjadi Terlapor Di Dewas KPK, Ini Kasusnya;

1464
Spread the love

Photo: Albertina Ho (Kompas.com)

Utustoria.com – Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Albertina Ho dilaporkan ke Dewas KPK. Albertina diduga melanggar etik dan peraturan Dewas KPK.
Salah seorang sumber mengungkapkan, ada empat poin yang dilaporkan ke Dewan Pengawas terkait Albertina Ho. Pertama, soal insiden komplain dan mengomel kepada perawat di salah satu rumah sakit di Jakarta Pusat.

Sumber tersebut mengatakan, insiden itu bermula saat Albertina memencet bel untuk panggilan kepada perawat. Namun, Albertina merasa perawat tak kunjung datang dan tidak melayani.

“Padahal, saat itu kondisi Albertina tidak dalam keadaan mendesak atau emergency,” kata sumber tersebut dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa malam (5/4).

Baca Juga: Tidak Hadiri Seminar, KPK RI Sambangi Bupati Banggai Dikantornya

Kemudian, perawat dan dokter rawat datang, namun Albertina marah-marah karena merasa tidak langsung dilayani dan terlambat datang. Perawat dan dokter sudah menyampaikan permintaan maaf, tapi tidak diterima oleh Albertina.

Ia kemudian meminta komplainnya ditindaklanjuti oleh pejabat rumah sakit. Salah satu direktur rumah sakit akhirnya turun tangan dan mengunjungi Albertina.

Atas komplain Albertina, direktur tersebut akhirnya memberikan surat peringatan (SP) kepada perawat yang dimaksud untuk tidak mengulangi kesalahannya.

Selanjutnya, atas kejadian tersebut, Albertina diduga mendapat keuntungan berupa fasilitas dengan diberikan kamar khusus. Berkaca dari kejadian tersebut, selanjutnya manajemen rumah sakit memberi pelayanan dengan memberikan satu orang perawat khusus yang memang ditunjuk oleh mengurus Albertina.

Menurut sumber, sampai saat ini, Albertina juga masih rutin rawat jalan di rumah sakit tersebut. Pihak rumah sakit juga disebut telah menginformasikan kepada manajemen agar melayani Albertina secara khusus, karena anggota Dewas KPK, sehingga dikategorikan sebagai ‘case khusus’ di kalangan internal rumah sakit.

Terkait perkara ini, Nara sumber mengatakan bahwa Albertina dilaporkan melanggar Pasal 4 ayat (1) huruf c dan huruf n Peraturan Dewas Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

Baca Juga: KPK RI Akan Berkunjung Ke Banggai, AKL; Usut Semua Dugaan Korupsi!

Selain itu, Albertina juga dilaporkan karena diduga memanfaatkan jabatannya sebagai anggota Dewas. Ia disebut meminta bantuan Komisioner KPK, Lili Pintauli Siregar untuk mencarikan kerja bagi mantan stafnya yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Namun, permintaan itu tidak dapat dipenuhi oleh Lili.