Sambangi Kantor Bupati, Puluhan Petani Kecewa | Utustoria Sambangi Kantor Bupati, Puluhan Petani Kecewa – Utustoria

Sambangi Kantor Bupati, Puluhan Petani Kecewa

173
Spread the love

Photo: Puluhan Petani Kecamatan Batui Menyambangi Kantor Bupati Banggai

Utustoria.com, Banggai. Puluhan petani Kecamatan Batui menyambangi kantor Bupati Banggai. Jumat (9/7). Mereka meminta pemerintah daerah untuk mengembalikan lahan yang dikelola PT. Sawindo Cemerlang. “Lahannya torang bersertifikat” kata Suparman salah satu petani.

Diketahui puluhan petani yang tergabung dalam front petani Batui lingkar Sawit ini merupakan korban plasma mitra sawit PT. Sawindo Cemerlang.

DPRD sebelumnya, telah merekomendasikan lahan mereka untuk dikembalikan. Namun melalui tim investigasi bentukan Pemda Kabupaten Banggai belum juga menemui titik terang untuk mengakhiri konflik antara petani dan PT. Sawindo Cemerlang. Oleh karena itu Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka melakukan rapat bertempat di ruangan rapat khusus sekretariat daerah dengan mempertemukan semua pemangku kepentingan guna menyelesaikan persolan tersebut yang sudah berlarut-larut.

Akan tetapi ketidakhadiran PT. Sawindo Cemerlang membuat petani kecewa. Pasalnya, kasus petani plasma ini telah berlangsung selama sepuluh tahun terakhir akibat amburadulnya tatakelola pembangunan kebun plasma mitra oleh PT. sawindo “Dari tahun 2009 dan 2010 lahan kami di tanami sawit dengan harapan kesejahteraan” tutur Suparman. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *