Tomundo Banggai lantik Kabosanyoan Kintom | Utustoria Tomundo Banggai lantik Kabosanyoan Kintom – Utustoria

Tomundo Banggai lantik Kabosanyoan Kintom

264
Spread the love

Photo: Tumondo dan Bosanyo Kecamatan Kintom

Utustoria.com, Banggai. Minggu 25-10-2020, Tomundo Banggai melantik Bosanyo dan Tonggol/perangkat adat se – Wilayah Kecamatan Kintom.

Bertempat di rumah tangkas-tangkas Kintom, prosesi pelantikan berjalan sederhana, namun animo dan antusias masyarakat adat Kecamatan Kintom begitu besar. Hal tersebut dapat dilihat dengan hadirnya para pemangku adat dan Tokoh Masyarakat serta warga Kecamatan Kintom.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Tomundo Banggai dan delegasinya, serta Dandim 1308 dan Kapolsek kintom.

Zuhri AR Noho sebagai Bosanyo kecamatan Kintom dalam sambutanya mengatakan bahwa ada kerinduan warga terhadap adat di Kecamatan Kintom, baginya selama ini adat eksistensinya hanya sebatas lembaga.

“Kita semua merindukan eksistensi adat bisa kelihatan di wilayah ini. Adat harus bergerak dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di daerah yang kita cintai ini” tuturnya dengan nada berapi – api.

“Tentu kalau adat bisa memberikan kontribusi akan mengantarkan harum nama daerah kita.” Ungkapnya lagi

Sementara itu Tomundo, Khair Amir dalam sambutanya mengatakan bahwa Daerah Banggai merupakan salah satu daerah yang terbuka kepada semua suku dan budaya, tetapi Banggai juga adalah daerah yang bertuan ungkapnya.

“Selama ini dilihat dari sejarah yang ada, kabupaten Banggai sangat terbuka bagi suku lain, daerah yg paling banyak menerima trans adalah Daerah banggai yang kita sangat cintai. Ini bukti bahwa kita tidak menutup diri, di mana kita berpijak disitu langit di junjung, Negeri ini memiliki tuan.” Tegas Tomundo.

Di akhir sambutanya Tomundo menggungkapkan agar Bosanyo dapat menjalankan dan bertanggung jawab dengan tugasnya. (Mad/jas)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *