Mati Mesin Di Perairan Desa Nipa, "KM Sumber Jaya" Berhasil Dievakuasi - Utustoria Mati Mesin Di Perairan Desa Nipa, "KM Sumber Jaya" Berhasil Dievakuasi - Utustoria

Mati Mesin Di Perairan Desa Nipa, “KM Sumber Jaya” Berhasil Dievakuasi

610
Spread the love

Photo: Kaposlek Lamala Iptu I Nyoman Yosef Suradi SH, dan Koramil 1308-6 Lamala mengevakuasi KM Sumber Jaya

Utustoria.com, Banggai. Kaposlek Lamala Iptu I Nyoman Yosef Suradi SH, bersama anggotanya dan Koramil 1308-6 Lamala mengevakuasi KM Sumber Jaya yang terombang ambing di perairan pantai Desa Nipa, Kecamatan Lamala, Kabupaten Banggai, Jumat (11/2/2022) sekira pukul 06.00 Wita.

“Kita mendapat informasi dari Basarnas Kabupaten Banggai bahwa di perairan pantai Desa Nipa ada sebuah Kapal motor sumber jaya yang sementara terombang ambing,” ungkap Kapolsek.

Usai menerima laporan tersebut, Polisi bersama TNI langsung meniju lokasi dan berhasil mengevaskuasi kapal yang bermuatan hasil bumi berupa kopra sebanyak 30 ton dan 8 ABK.

“Proses evakuasi ini dilakukan dengan cara ditarik menggunakan Kapal Ikan menuju Pantai Desa Lomba, tepatnya di depan Mapolsek Lamala,” sebut Iptu Suradi.

Iptu Suradi menjelaskan, dari keterangan nahkoda Kapal bahwa KM Sumber Jaya yang menggunakan tiga mesin berangkat dari Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku Selatan, pada Senin tanggal 7 Pebruari 2022 sekitar pukul 08.00 wita dengan tujuan menjual hasil bumi berupa kopra di perusahan Bimoli Luwuk.

“Dan pada Rabu 9 Februari 2022 sekitar pukul 20.00 Wita kapal motor mengalami mati mesin sebelah kiri di perairan Tanjung Pamali Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kamis 10 Februari 2022 sekitar pukul 16.00 Wita kembali mengalami mati mesin tengah di perairan Kecamatan Mantoh,” beber Iptu Suradi.

Iptu Suradi mengatakan, meskipun telah mengalami mati dua mesin KM Sumber Jaya terus melanjutkan perjalanan menggunakan satu mesin bagian kanan,

“Namun mengingat muatan sangat berat Nahkoda Kapal tidak bisa mengemudikan kapal dengan normal sehingga Nahkoda kemudian menghubungi pemilik Kapal,” kata Iptu Suradi.

Dari hasil evakuasi yang dilakukan Polsek Lamala bersama Koramil seluruh ABK KM Sumber Jaya dalam keadaan sehat. (Red)