SMPN 9 Toili: Dari Awal Sederhana hingga Prestasi Membanggakan di OSN Tingkat Kabupaten - Utustoria SMPN 9 Toili: Dari Awal Sederhana hingga Prestasi Membanggakan di OSN Tingkat Kabupaten - Utustoria

SMPN 9 Toili: Dari Awal Sederhana hingga Prestasi Membanggakan di OSN Tingkat Kabupaten

1434
Spread the love

Photo: Viona Zahra Wisnawa dan Kepala Sekolah SMPN 9 Toili, Budiarjo T. Kohohon, S. Pd

Utustoria.com, Banggai – SMPN 9 Toili adalah salah satu sekolah yang berlokasi di Desa Sindang Baru, Kecamatan Toili Jaya. Sekolah ini berdiri pada tahun 2011 dengan Kepala Sekolah Bapak Budiarjo T. Kohohon, S.Pd yang masih menjabat hingga hari ini.

Pada awal beroperasi, jumlah siswanya hanya 21 orang, dengan komposisi guru semuanya honorer. Satu-satunya ASN adalah kepala sekolahnya. Seiring berjalannya waktu, kini jumlah siswa terus bertambah. Dari kelas 7 hingga kelas 9, saat ini jumlah siswa mencapai 76 orang. Sekolah ini didukung oleh dua SD, yaitu SDN 1 Tolisu dan SD Inpres 2 Tolisu. Jumlah guru pun kini sudah berstatus ASN semuanya, tercatat ada 13 ASN, dengan komposisi 3 ASN dan 10 ASN P3K, semuanya berkualifikasi pendidikan S1. Ada 4 guru yang telah memiliki sertifikasi, 1 guru penggerak, dan 3 calon guru penggerak (CGP).

Budi, sapaan akrab Kepala Sekolah, bisa dikatakan sebagai salah satu kepala sekolah yang berprestasi karena mampu mengantarkan sekolahnya menjadi salah satu sekolah penggerak angkatan 2 di Kabupaten Banggai. Tidak semua kepala sekolah yang mengikuti seleksi ketat dan kompetitif berhasil meloloskan sekolahnya menjadi sekolah penggerak yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan.

Selain itu, beliau juga berhasil dalam membina dan memajukan sekolahnya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan jumlah siswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun, serta perubahan status guru dari honorer menjadi ASN semuanya.

Didukung oleh guru-guru muda yang potensial dan menguasai IT, Budi berhasil mengembangkan dan memajukan sekolahnya. Ini dibuktikan dengan keberhasilan salah satu siswanya lulus seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten (OSN-K) yang diselenggarakan secara online beberapa waktu lalu.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira, karena dalam sejarah keikutsertaan SMPN 9 Toili dalam lomba OSN-K, baru kali ini berhasil mengalahkan ratusan sekolah SMP di Kabupaten Banggai dan meraih satu tiket untuk berkompetisi di tingkat provinsi.

Adapun siswa yang berhasil mengharumkan nama SMPN 9 Toili tersebut adalah Viona Zahra Wisnawa pada mata pelajaran Matematika, dengan guru pembimbing Nur Apriani, S.Pd., Gr.

Keberhasilan salah satu siswanya lulus ke tingkat provinsi ini menandakan bahwa sekolah ini mengalami perubahan dan kemajuan di bidang akademik. Menurut Budi, hal ini menjadi bahan evaluasi bagi dewan guru agar ke depannya lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar di kelas, dengan harapan akan ada lebih banyak siswa yang mampu bersaing di tingkat kabupaten dan lulus ke tingkat provinsi pada tahun berikutnya.

Budi memohon doa restu dari semua pihak agar Zahra diberikan kesehatan dan kemudahan dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini, serta berhasil meraih tiket ke tingkat nasional. (Baw)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.