JOB Tomori Salurkan Ribuan Bibit Buah Produktif Pada Sejumlah Kelompok Masyarakat - Utustoria JOB Tomori Salurkan Ribuan Bibit Buah Produktif Pada Sejumlah Kelompok Masyarakat - Utustoria

JOB Tomori Salurkan Ribuan Bibit Buah Produktif Pada Sejumlah Kelompok Masyarakat

153
Spread the love

Photo: JOB Tomori Menyerahkan 4.000 Bibit Buah Produktif Kepada Perwakilan Kelompok Masyarakat

Utustoria.com, Banggai -Sebagai Perusahaan hulu minyak dan gas bumi yang mendapat mandat dari pemerintah Republik Indonesia melalui SKK Migas mengelola gas alam di Kabupaten Banggai, JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) tetap konsisten dalam menjalankan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat yang berada di sekitar area operasi, khususnya di Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong. Sabtu (4/11/2023) JOB Tomori kembali menyalurkan 4000 bibit buah produktif.

Dari 4000 bibit buah produktif tersebut, terdiri dari 2.000 pohon bibit kelapa babasal, 750 pohon bibit durian, 500 pohon bibit manga, 500 bibit alpukat dan 250 bibit buah rambutan.

Seluruh bibit buah produktif ini, diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari 6 desa di Kecamatan Batui Selatan, yaitu Desa Paisubololi, Desa Sinorang, Desa Gori-gori, Desa Bonebalantak, Desa Masing, Desa Maleo Jaya, serta perwakilan kelompok tani dari 10 desa di wilayah Kecamatan Moilong, terdiri dari Desa Argomulyo, Desa Mulyoharjo, Desa Slametharjo, Desa Karanganyer, Desa Bumiharjo, Desa Sidoharjo, Desa Moilong, Desa Toili, Desa Saluan dan Desa Sumberharjo.

Proses penyerahan bantuan ini dilakukan di Dusun Tumpu Jaya 2, Desa Sinorang, turut di hadiri perwakilan seluruh kelompok penerima manfaat bersama kepala desa dan perwakilan management JOB Tomori.

Dikesempatan tersebut, Kepala Desa Sinorang, Drs. Mursalim, M.Ag, mewakili seluruh kelompok dan pemerintah desa penerima manfaat program Tanggung Jawab Sosial (TJS) dari JOB Tomori, menyampaikan apresiasi atas komitmen JOB Tomori yang terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam mengembangkan masyarakat melalui program pemberdayaan.

“Untuk kesekian kalinya, kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas sumbangsih perusahaan JOB Tomori dalam program pemberdayaan masyarakat yang terus dilaksanakan sampai dengan saat ini. Bantuan bibit kelapa dan buah-buahan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, namun saya berpesan kepada petani agar memperhatikan kondisi cuaca saat melakukan penanaman, agar peluang keberhasilannya semakin besar,” ujarnya.

Hal senada juga di sampaikan Rektor Universitas Muhamadiyah Luwuk, Sutrisno K Jawa, yang turut hadir di kegiatan tersebut. Menurutnya, jika bibit tersebut ditanam dan dirawat dengan baik, maka kedepan bisa menjadi salah satu sumber penunjang perekonomian petani.

“Terimakasih kepada management JOB Tomori yang telah bekerjasama dengan Unismuh Luwuk dalam upaya memberdayakan masyarakat di sekitar area operasi JOB Tomori, melalui program ini diharapkan memberikan dampak positif bagi kondisi ekonomi dan social masyarakat,” ungkap Sutrisno.

Sementara itu, Relation Security & ComDev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono, menjelaskan bahwa JOB Tomori selalu berkomitmen dalam mengembangkan masyarakat di Kabupaten Banggai, terutama masyarakat yang berdomisili di sekitar area operasi perusahaan. Dalam upaya pengembangan masyarakat, JOB Tomori selalu bersinergi dengan Pemda Banggai termasuk Pemerintah Desa dan mengacu pada ketentuan aturan yang berlaku. Tidak semua permintaan masyarakat dapat dipenuhi, namun setiap usulan akan dikaji berdasarkan skala proiritas, azas manfaat, ketentuan regulasi, serta kemampuan anggaran JOB Tomori yang disetujui SKK Migas.

“Terimakasih kepada Pemda Banggai, pemerintah desa dan masyarakat yang telah mendukung operasi produksi yang dilaksanakan JOB Tomori selama ini, semoga melalui program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan JOB Tomori memberikan manfaat yang berkelanjutan hingga generasi mendatang,” pungkas Visnu yang dikonfirmasi terpisah. (Red/Adv)