Jurnalistik Sebagai Materi Penutup di LDK SMANSU - Utustoria Jurnalistik Sebagai Materi Penutup di LDK SMANSU - Utustoria

Jurnalistik Sebagai Materi Penutup di LDK SMANSU

1096
Spread the love

Photo: Kegiatan LDK SMANSU

"Manfaat yang diperoleh siswa dengan mengenal jurnalistik yakni, peserta didik memiliki kemampuan untuk menulis dan melakukan reportase, dapat menyusun karya ilmiah, dapat memahami pelajaran lain,...... "

Utustoria.com, Banggai – Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan SMA Negeri Tolisu (SMANSU) yang berlangsung sejak tanggal 18 – 19 September diisi dan diakhiri dengan pemaparan materi Jurnalistik yang disampaikan secara langsung oleh Reza Fauzi, selaku pimpinan redaksi Utustoria.com.

Menurut Reza Fauzi, sejauh ini jurnalistik sebagai pengetahuan dasar di satuan pendidikan sekolah menengah masih sangat terbatas, untuk itu dirinya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pihak SMA Negeri Tolisu. Baginya, di era digitalisasi seperti ini, sudah menjadi sebuah keharusan bagi instansi/lembaga/satuan pendidikan untuk memperkenalkan jurnalistik terhadap siswa – siswi sebagai pengetahuan dasar.

“Jurnalistik bagi satuan pendidikan, tentu dapat menjadi media dan sarana agar seluruh kegiatan satuan pendidikan dapat terpublikasikan dan diketahui oleh masyarakat umum.”

Kegiatan yang di ikuti oleh 52 peserta dari siswa dan siswi kelas X SMA Negeri Tolisu ini merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan. Adapun tema dari kegiatan ini adalah; “Mempersiapkan Kepemimpinan yang Demokratis, Kreatif dan Inovatif.”

Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri Tolisu, Bagus Alit Wisnawa, bahwa materi Jurnalistik merupakan materi wajib yang selalu ada di setiap kegiatan LDK yang dilaksanakan. Menurutnya, manfaat jurnalistik terhadap siswa diantara lain adalah turut meningkatkan kemampuan literasi siswa.

“Manfaat yang diperoleh siswa dengan mengenal jurnalistik yakni, peserta didik memiliki kemampuan untuk menulis dan melakukan reportase, dapat menyusun karya ilmiah, dapat memahami pelajaran lain, melatih peserta didik untuk tampil berani, menjadi bekal sebagai penulis dan jurnalis masa mendatang dan meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.” Ujar Kepsek SMANSU yang disapa Alit ini. (Wa)