Lomba Desa, Target Hingga Nasional

Foto: Situasi Desa Bumi Harjo yang akan mengikuti Lomba Desa tingkat Provinsi / Fat

Moilong, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com 

Beberapa pekan lalu sebanyak 23 kecamatan di Kabupaten Banggai melakukan kegiatan lomba Desa untuk tingkat Kabupaten. Dari 23 kecamatan yang ikut lomba desa tingkat Kabupaten, Desa Bumi Harjo Kecamatan Moilong berhasil menjadi juara satu dan berhak mewakili Kabupaten Banggai untuk mengikuti Lomba Desa tingkat Provinsi.

Camat Moilong, Fahmi Arifudin Rizal S.STP saat ditemui utustoria mengatakan, untuk penilaian lomba Desa tingkat Provinsi kami sudah siap.

“Kami siap karena dokumen atau pelengkap dokumen untuk penilaian yang memang merupakan pokoknya sudah siap semua, tinggal penataan lingkungan, seperti pembuatan gapura untuk setiap rumah,: ujarnya.

Lanjut Pak Fahmi dengan tegas, seandainya besok sudah dilaksanakan penilaian lomba Desa tingkat provinsi, saya sudah siap ikut lomba karena data untuk lomba desa tingkat provinsi sudah lengkap semua.

“Dari kabupaten juga sudah beberapa kali turun untuk melakukan yang sifatnya pembinaan, dan hasilnya dari kabupaten sudah tidak kerja keras lagi, karena persiapan secara keseluruhan sudah matang,” pungkasnya senin (28/05) di kantor camat.

Ia juga menjelaskan, untuk penilaian lomba Desa tingkat Provinsi ada perubahan sedikit, jadi 13 Kabupaten atau Kota yang ada di Sulawesi Tengah akan melakukan perifikasi lomba Desa tingkat Provinsi dan hanya enam Kabupaten atau kota yang akan masuk untuk mengikuti Lomba Desa tingkat Provinsi tersebut.

Untuk Desa Bumi Harjo sendiri akan dilakukan perifikasi penilaian Lomba Desa tingkat Provinsi pada Rabu (30/05) mendatang dan akan dihadiri langsung oleh Dinas Pemberdeyaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Tengah. Sementara untuk jadwal Lombah Desa tingkat Provinsi sendiri belum keluar.

“Saya selaku Camat Moilong berharap bisa sampai ketingkat nasional, target harus maksimal dan dibarengi dengan langkah-langkah nyata yang akan di lakukan," tutup Camat Moilong Fahmi Arifudin Rizal S.STP. (Fat)