HUT TNI ke -74 , Danrem 132 / Tadulako Ajak Masyarakat Bijak Bersosmed

Danrem 132 / Tadulako bersama Kapolda Sulteng saat dktemui awak media usai memperingati HUT TNI ke -74.

Utustoria.com , PALU - Usai merayakan acara puncak HUT TNI ke 74, Komandan Korem (Danrem) 132 / Tadulako , Kolonel Inf.Agus Sasmita, melalui HUT TNI Ke 74 ini, mengajak seluruh elemen masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos), serta mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah yang ada.

"Menyikapi suatu permasalahan atau konflik mari kita selesaikan lewat diskusi atau musyawarah, sebab kita belajar dari Pasca Konflik di Kota Wamena, Papua, dimana penyebab perpecahan pemicunya adalah penyalahgunaan Sosial media (Sosmed)," ujar Komandan Korem (Danrem) Kolonel Inf.Agus Sasmita, kepada awak media saat ditemui usai puncak HUT TNI ke 74 di Lapangan Batalyon Infantri 711/Raksatama, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/10/2019).

Pimpinan Tertinggi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Andika Perkasa dan pimpinan tertinggi TNI meminta masyarakat harus cerdas dan bijak menyikapi Sosmed. "ketika mendapatkan informasi yang belum jelas kebenarannya, ataupun tergolong berita bohong (Hoax) jangan langsung disebarkan, perlu dicari tau kebenarannya, apalagi membenturkan satuan TNI-Polri," tegasnya .

Lanjutnya, guna mengantisipasi gerakan separatis atau radikalisme , pihaknya terus mensosialisasikan ke masyarakat cara menyikapi Sosmed, dalam hal ini bersama unsur Polri berupaya mengantisipasinya bersama Tim khusus Cyber mengantisipasi jagat dunia Sosmed yang dapat memicu isu Provokasi.

Selain melalui sosialisasi, TNI melakukan problem solving (pemecahan masalah) dengan metode banyak cara salah satunya melaui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dimana bersentuhan langsung dengan melibatkan seluruh komponen komponen masyarakat di Kabupaten dan Desa-desa.

"Alhamdulilah di Wilayah Sulteng aman terkendali, kita tidak terpengaruh dengan situasi di daerah lain, dimana TNI-Polri bersinergi mengatasi unjuk rasa RUU KUHP pada 25 September 2019 berhadapan dengan ribuan Mahasiswa, antisipasinya dengan menerima aspirasi serta pendekatan musyawarah dan berdialog," pungkas Kolonel Inf.Agus Sasmita BIM.

Kepada seluruh elemen masyarakat Sulteng, Petinggi Kopassus itu berpesan, masyarakat harus cerdas menyikapi, harus konfirmasi lebih dahulu apabila ada berita bohong (Hoax) yang potensi mengadu domba TNI-Polri di moment HUT TNI, olehnya masyarakat Sulteng khusunya bijak dan harus terus waspada.