Pemdes Dongin Upayakan Lahan Dan Rumah Untuk 70 KK

Foto : beraukab.co.id

Toili Barat, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com

Sekira 70 Kepala Keluarga (KK) di Desa Dongin Kecamatan Toili Barat tidak memiliki legalitas lahan perumahan serta rumah yang tidak layak huni, menandakan jumlah kemiskinan di desa tersebut cukup besar.

Kepala Desa Dongin Ansyar Makka mengatakan, kondisi sejumlah warga di desa yang ia pimpin itu cukup memprihatinkan. Sebab sekira 70 KK tidak memiliki surat tanah yang menjadi tempat tinggalnya dan ternilai rumah yang dihuni oleh warga tersebut tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal.

"Ini yang menjadi tanggung jawab saya selaku pemerintah desa untuk memperjuangkan kelayakan hidup warga tersebut" tuturnya belum lama ini.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Kades yang baru saja dilantik oleh Bupati Banggai ini, Ia berencana memprogramkan untuk memberikan sebidang lahan dan perumahan untuk dijadikan tempat bermukim warganya itu yang akan dianggarkan melalui APBDes ataupun diusulkan melalui APBD daerah.

"Untuk lokasinya kita sudah siapkan kurang lebih 1,4 hektare dengan panjang 200 Meter dan lebar kurang lebih 35 meter, dan untuk surat lahannya sementara diselesaikan" tandasnya lagi.

Namun tambahnya, hal ini perlu dukungan pemerintah daerah terkait program pemberdayaan ini. Sebab hal tersebut merupakan program yang juga dapat meningkatkan gaya dan pola hidup warga yang tidak mampu. (mr)