Besok , Lembaga Adat dan Perangkat Adat Batui Tuntut Janji PT DSLNG Lewat Aksi

Korlap , Sugianto Adjadar

Utustoria.com , BANGGAI - Menyikapi keresahan masyarakat Kecamatan Batui Kabupaten Banggai mendasari kebutuhan masyarakat Batui pada bidang pendidikan , kesehatan , sosial , ekonomi dan lingkungan, masyarakat Batui melalui Lembaga Adat Batui dan Perangkat Adat akan melakukan aksi pada Kamis (19/9/2019) pukul 07.00 WITA hingga 18.00 WITA , untuk menagih janji PT Donggi Senoro LNG.

 

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Lapangan Sugianto Adjadar pada Utustoria.com pada Rabu (18/9/2019). Yang mana aksi yang direncanakan besok itu untuk menuntut janji PT DSLNG kepada masyarakat Batui terhadap pengadaan Bis Sekolah yang hingga saat ini belum terealisasi.

 

“ Dan menuntut PT DSLNG bertanggung jawab dalam hal pendidikan masyarakat Batui yaitu pendidikan gratis terhadap masyarakat Batui,”tutur Sugianto.

 

Menurut pria yang akrab disapa Gogo ini, dengan didasari UU No.40 Thn 2007 tentang perseroan terbatas , tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan Pasal 74 Ayat 1, yang berbunyi, “Perseroan yang menjalankan usahanya dibidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

 

“Namun hari ini , Perseroan Terbatas yang berada di Kecamatan Batui tidak menjalankan tanggung jawab sosial dalam aspek apapun, sejak tahun 2013 hingga saat ini,”tambahnya.

 

Padahal tambah pria berambut gondrong ini, Investasi yang ada di Kecamatan Batui saat ini merupakan penyumbang terbesar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan dana perimbangan yakni Dana Bagi Hasil (DBH). Namun , dalam hal ini DSLNG belum merespons hak-hak masyarakat Batui.

 

“ Bahkan DSLNG memberikan bantuan sosial seperti , UKM , Bis Sekolah dan pendidikan gratis kepada wilayah lain diluar Kecamatan Batui,”tandasnya.

 

Sehingga , Front Lintas Generasi Mian Batui akan mengawal dan menyuarakan aspirasi ini sebagai hak Mian Batui sesuai dengan amanat undang - undang.