Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H , Masyarakat Palasa Meriahkan dengan Pawai

Sejumlah peserta didik kecamatan Palasa Kabupaten Parimo saat bersiap mengikuti pawai. (Miftahul Afdal/Utustoria)
Utustoria.com , PARIMO - Dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah, masyarakat kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong melakukan pawai yang diikuti oleh sejumlah peserta didik , organisasi kepemudaan hingga masyarakat setempat dari beberapa desa, pada Minggu (31/8/2019).
 
Disela pawai tersebut , Camat Palasa, Baharuddin S.E mengatakan masyarakat kecamatan Palasa menyambut tahun baru islam dengan mengadakan pawai di jalan, antusias  masyarakat tersebut dapat  dilihat dengan beramai-ramai mengikuti kegiatan pawai.
 
Selain diikuti dari beberapa desa dan organisasi kepemudaan yang ada di kecamatan Palasa, pawai juga dimeriahkan  melaksanakan longmarch dimeriahkan dengan drum band.
 
"Kegiatan diserahkan ke desa-desa yang ada di kecamatan Palasa, ada beberapa desa yang sempat mengikuti pawai adapun sebagian desa berhalangan karena bertepatan dengan kegiatan di desa masing-masing." imbuhnya Camat Palasa pada Utustoria.com.
 
Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan tingkat religius masyarakat khsusnya umat islam, serta kekurangan pada waktu sebelumnya perlu ditingkatkan lagi. " Dan kami akan lanjutkan dengan do'a bersama malam ini yaitu do'a akhir tahun Islam dan Do'a tahun baru Islam," tandas Baharuddin.
 
Sehubungan dengan itu, Ketua PK KNPI Palasa Sumanto S.Pd mengatakan kegiatan pawai menyambut tahun baru Islam ini baru kali pertama dilakukan di kecamatan Palasa , yang mana kegiatan ini diikuti oleh LS-ADI, PK KNPI Palasa, Karangtaruna, Risma, dan Ibu-ibu WIA.
 
Dirinya berharap, kedepan nantinya kegiatan seperti ini dapat lebih ditingkatkan konsepnya. Sehingga bukan hanya sekedar pawai tapi ada kegiatan yang dapat meningkatkan jiwa religiusitas khususnya bagi para pemuda dan dapat menyambung silaturahmi antar pemuda di kecamatan Palasa itu sendiri. "Sehingga menjadikan kecamatan Palasa kecamatan yang riligius dari 23 kecamatan yang berada di Kabupaten Parigi Moutong,"pungkasnya.