Sejumlah Kegiatan Meriahkan Peringatan Detik-detik Proklamasi di Sulteng

Foto : Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia, di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah. (Ist)
Utustoria.com , PALU - Memperingati HUT RI ke -74 pada 17 Agustus 2019, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. H. Hidayat Lamakarate, M.Si, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia, di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Sebelum Puncak Peringat Detik-detik Proklamasi, diawali dengan penampilan seni teater anak negeri yang dibawakan oleh siswa-siswi SMP dan SMA yang tergabung dalam Dewan Kesenian Sulawesi Tengah dimaksudkan menghibur para undangan sebelum upacara puncak dilaksanakan.
 
Di panggung kehormatan, hadir para pimpinan Forkopimda Sulawesi Tengah, Pimpinan DPRD dan para pejabat eselon II. Sementara pada sisi lainnya hadir para pejabat eselon III, IV, tokoh masyarakat, tokoh agama serta organisasi kemasyarakatan lainnya.  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan siswa-siswi SLTA yang  mewakili berbagai Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah, sementara komandan upacara berasal dari Perwira Korem 132 Tadulako.
 
Ratusan pasukan upacara berasal dari tiga Kompi yakni Kompi 1 terdiri dari Ton Korsik Korem, Perwira Pertama Korem 132/Tdl, Perwira Pertama Polda Sulteng, Polisi Militer, Anggota Korem serta anggota TNI AL. Kompi II berasal dari Brimob Polda Sulteng, Polwan Polda Sulteng, Purna Praja IPDN, Kejaksaan Tinggi dan Polisi Pamong Praja. Sementara untuk Kompi III terdiri dari gabungan ASN yang berasal dari masing-masing Biro serta gabungan OPD.
 
Pada Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tersebut, Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan naskah teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah Dr. Alimuddin Paada
 
Peringatan HUT Proklamasi yang ke-74 juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya XXX, XX dan X secara simbolis. Penyerahan SK remisi umum kepada narapidana dan anak pidana 2019, penyerahan hadian pemenag lomba desa dan kelurahan, penyerahan piagam penghargaan kepada pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum terbaik 2019 serta penyematan medali award atlit berprestasi pada kejuruan FPTI kelompok umur XIV-2019 di Kabupaten Tanah Laut-Kalimantan Selatan dan lain sebagainya.
 
Sebelumnya telah diberitakan, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah ( Sulteng) menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan seluruh instansi di lingkup pemprov, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan masyarakat di Kota Palu dan sekitarnya, sebagaimana dikemukakan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov, Mohammad Haris Kariming beberapa waktu lalu.
 
Karo humas protokol selaku juru bicara pemprov sulteng  menuturkan, dari beberapa kali rapat dilaksanakan, rangkaian kegiatan yang telah disepakati, seperti olah raga, anjangsana dan  kegiatan sosial lainnya. Susunan kepanitiaan dalam kegiatan memeriahkan HUT RI tahun ini, Ketua Umum Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Mohammad Hidayat Lamakarate, Ketua Panitia, Asisten II, Bunga Elim Somba, serta sejumlah pejabat utama lingkup pemprov. 
 
Beberapa kegiatan itu lanjutnya,  mengudang serta melibatkan masyarakat melalui kegiatan sepeda santai dengan puluhan doorprize dilanjutkan dengan senam jantung sehat yang diikuti sekitar 700 orang yang dilaksanakan Jumat 9 Agustus lalu, bertempat di lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulteng. 
 
Kemudian dari bidang olah raga lainnya kata dia, panitia melaksanakan kegiatan yang disebut olah raga rakyat, yaitu lomba makan kerupuk para eksekutif kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) pada 15 Agustus 2019.
 
"Semua eselon II, bersama Bank Sulteng, pejabat utama mereka, di lingkup pemprov itu mengadakan lomba makan kerupuk. Dilanjutkan dengan lomba lari karung eksekutif, serta eksibisi tarik tambang antar kepala OPD" katanya.
 
Ada pula lomba kreasi, yakni Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SD sederajat, SMP sederajat, dan tingkat SMA/SMK sederajat se Kota Palu. dan tabur bunga di Pantai Talise serta kerja bakti, pada upacara Hari Ulang Tahun Pramuka. Selanjutnya Kamis 15 Agustus Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan oleh Sekdaprov, Hidayat Lamakarate, mewakili Gubernur Sulteng, Longki Djanggola. dan pada pukul 24. 00 Wita Sekdaprov Hidayat bersama pejabat utama melakukan renungan suci tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP).