SIL, Jagoan Baru Arus Bawah PDIP Toili!

Sri Indraningsih Lalusu
Utustoria.com, BANGGAI.
Masih 4 bulan lagi penghujung tahun 2019 akan berakhir, tetapi aroma kontestasi Pilkada 2020 sudah mulai terasa di kabupaten Banggai. Hal ini terlihat jelas di lini masa warga net yang ada di kabupaten Banggai serta media massa. Tampaknya pertarungan Pilkada 2020 kabupaten Banggai menyita dengan serius perhatian para pekerja politik dan warganya.
 
PDIP sebagai pemenang pilkada 2015 dan Pileg 2019 dgn 10 kursi beberapa hari terakhir menjadi hangat di bincangkan ketika salah satu kadernya Sri Indraningsih Lalusu (SIL) menyatakan sikap maju pada perhelatan Pilkada 2020. 
 
Ini menjadi menarik karena sebagai diketahui Herwin Yatim adalah incumbent Bupati sekaligus Ketua DPC PDIP Kab. Banggai. Kesiapan majunya SIL yang juga merupakan Anggota Legislatif DPRD Provinsi 4 periode asal Banggai menuai respon yang beragam baik di tingkat elit politik maupun akar rumput, khususnya di internal PDIP.
 
Perbincangan ini tidak hanya berkembang di kota Luwuk saja, tetapi sampai di wilayah pinggiran seperti Toili dan sekitarnya. Sebagai informasi Dapil 4 termasuk Toili Raya adalah lumbung suara PDIP di Kab. Banggai. Ini terbukti dengan kontribusi 4 kursi dri total 10 kursi PDIP di Kab. Banggai. 
 
Tanggapan beragam disuarakan dengan pernyataan majunya SIL terutama di basis PDIP Toili dan sekitarnya. Untuk di tingkat elit partai internal PDIP Toili Raya ternyata diam - diam ada yang yang memberikan sinyal mendukung kepada SIL secara pribadi. Karena secara struktural pengurus PDIP tetaplah loyal kepada Ketua DPC kab. Banggai Herwin Yatim.
 
Tetapi yang mengejutkan basis akar rumput PDIP di Toili ternyata sangat merespon positif dengan pernyataan SIL Maju dalam pilkada 2020 Kab. Banggai. Bagi mereka SIL sudah saatnya maju ke Pilkada 2020.
Salah satu simpatisan PDIP Toili mengatakan; "Ibu SIL itu kader asli PDIP, bukan penumpang gelap! Jadi wajarlah kalau hari ini beliau pake kendaraan PDIP, dia berhak untuk itu," ucapnya lagi.
"Apalagi suara beliau selama 4 periode jadi aleg provinsi kontribusi terbesar dari kami di Toili, dan selama hampir 4 periode ini banyak kontribusi yang beliau berikan untuk kami disini" Tutup Jisman salah satu simpatisan arus bawah SIL di Toili.
 
Terakhir mereka berharap Ibu SIL bisa mendapat perahu PDIP, kami pasti akan dukung beliau apalagi kalau beliau mau mengambil wakil dari kader PDIP Toili.
Sebagai info dengan 10 kursi PDIP bisa mengusung calon Bupati dan Wakilnya Tanpa harus koalisi. Sam