PT Elnusa Mulai Salurkan Dana Kompensasi di Batui Selatan

Foto : Panitia melakukan penyaluran dana kompensasi terhadap warga Desa Suka Maju Kecamatan Batui Selatan pada Senin (29/7/2019). (Marhum/Utustoria)
Utustoria.com , BANGGAI - Setelah melakukan aktivitas survei seismik pesut mas 2D dan 3D oleh PT Pertamina EP melalui PT Elnusa disejumlah desa di Kecamatan Batui Selatan, akhirnya perusahaan plat merah itu menyalurkan dana kompensasi untuk seluruh masyarakat pemilik lahan yang dilewati aktivitas survei seismik.
 
Hal itu terlihat saat PT Elnusa melakukan penyaluran dana kompensasi di Desa Suka Maju Kecamatan Batui Selatan pada Senin (29/7/2019) sekitar pukul 10.00 Wita di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa setempat, dan dihadiri oleh Camat Batui Selatan Muksin , Kasubsektor Batui Selatan Ipda Badi , Kepala Desa Suka Maju Katiman , Pertamina EP yang diwakili oleh Humas PT Elnusa Bayu Suseno dan sejumlah pemik lahan.
 
Dalam sambutannya , Kepala Desa Suka Maju Katiman mengatakan pihaknya meminta kepada masyarakat untuk dapat mengecek kembali dana yang diterimanya. Sebab, jika terdapat selisih jumlah dana yang tertera dalam blangko penerimaan dengan isi amplop, makanya disarankan untuk dapat langsung menghubungi pihak perusahaan.
 
"Biar segera diselesaikan jika ada masalah,"ujar Katiman.
 
Humas PT Elnusa Bayu Suseno dalam sambutannya menyampaikan, penyaluran Kompensasi ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam melakukan aktivitas survei seismik pesut mas 2D dan 3D.
 
"Ini sebagai bentuk tanggungjawab kita dari pihak Pertamina EP maupun Elnusa untuk para pemilik lahan yang lahannya dilewati oleh aktivitas kami," ujar Bayu.
 
Selain itu, Bayu juga mengingatkan kepada masyarakat yang lahannya dilewati namun belum mendapatkan undangan sekiranya dapat melaporkan kepada kepala Desa setempat agar dapat dikonfirmasi langsung dengan panitia penyaluran dana kompensasi.
 
" Dan perlu diketahui, kita akan melakukan pencarian bertahap disetiap desa. Seperti saat ini kita melakukan di Desa Suka Maju, Lusa kita salurkan di Ombolu, dan lusanya lagi kita salurkan di Desa Maleo Jaya,"pungkasnya.
 
Salah satu warga Desa Suka Maju Komang saat ditemui awak media mengatakan dirinya dan beberapa masyarakat sangat dimendukung adanya aktivitas survei seismik di desanya. Betapa tidak , selain melakukan pencarian cadangan gas, pihak perusahaan dianggap telah membantu masyarakat dalam menambah pendapatan meski jumlahnya tidak seberapa.
 
"Yah kalau survei seismik ini menemukan cadangan migas disini kan lebih bagus. Wilayah kita bisa tambah berkembang dengan adanya sumber daya alam,"ujar Komang.