Ruru : PI 10 Persen Bisa Diajukan Pada 2027 Mendatang

Foto : Relation and Land Matters Section Head JOB Tomori Pertamian E&P Sulawesi, Ruru Rudianto, menjelaskan dihadapan para Jurnalis Luwuk bahwa Pemkab dapat mengajukan PI 10 persen itu pada tahun 2027 mendatang. (Foto : istimewa)
Utustoria.com , BANGGAI - Patcipating Interest (PI) 10 persen selalu menjadi bahan diskusi dikalangan masyarakat Kabupaten Banggai antara pemerintah daerah dengan perusahaan - perusahaan raksasa khususnya yang  di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Pada kegiatan Temu Media dan Halal Bi Halal yang digelar oleh JOB Tomori di Hotel Swiss-Belhotel Luwuk , Relation and Land Matters Section Head JOB Tomori Pertamian E&P Sulawesi, Ruru Rudianto, menjelaskan dihadapan para Jurnalis Luwuk  bahwa Pemkab dapat mengajukan PI 10 persen itu pada tahun 2027 mendatang. Sebab , kontrak JOB Tomori akan selesai pada tahun 2027.
 
" Sebelumnya (PI) belum diajukan. Sehingga, bila ingin diajukan, pemerintah daerah harus menunggu 2027. Itupun pengajuannya harus melalui pemerintah provinsi,” jelas Ruru pada Selasa (16/7/2019).
 
Menambahkan hal tersebut, Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas, Damar Setyawan mengatakan, PI 10 persen adalah besaran maksimal 10 persen PI pada KKKS yang wajib ditawarkan oleh kontraktor pada BUMD atau BUMN.
 
Selain itu , Gubernur yang mengkoordinir, mempersiapkan serta menunjuk BUMD untuk penerima penawaran PI 10 persen tersebut. Dan jika Pemda belum mempu membiayai PI 10 persen, pihak kontraktor bisa membiayainya terlebih dahulu.
 
“Pengembalian kepada kontraktor dilakukan tiap tahun tanpa bunga dari hasil produksi bagian BUMD, dengan tetap menjamin penerimaan bagi hasil untuk BUMD,” tambahnya.
 
Pria yang akrab disapa Damar ini  menjelaskan BUMD yang tidak menyampaikan minat atau tidak meneruskan minat, maka penawaran PI 10 persen kepada BUMD dinyatakan selesai.
 
Hal itu juga berlaku dengan penawaran 
kepada BUMN yang hanya diberikan waktu selama 60 hari. Dan penawaran PI 10 persen dilaksanakan melalui skema kerja sama oleh pembiayaan kontraktor.