Pemkot Palu : Gerakan Gali Gasa Diharapkan menciptakan kesadaran kolektif pentingnya kebersihan lingkungan

Foto : Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda kota Palu, Rifani saat membacakan sambutan Wali Kota Palu. (Foto : Istimewa)
Utustoria.com , PALU - Pemerintah Kota Pau yang diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda kota Palu, Rifani menghadiri sekaligus melepas aksi bersih 1.000 masa menuju kota Palu "Berhias" (Bersih, Hijau, Indah, dan Asri) terhadap sampah 2019-2021 di Lapangan THU kelurahan Ujuna, Palu pada Minggu, 14 Juli 2019.
 
Aksi bersih tersebut melibatkan berbagai pihak di antaranya seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah kota Palu, Lurah dan Camat se-kota Palu, sejumlah komunitas peduli lingkungan, serta para duta se-kota Palu.
 
Dalam kesempatan ini, Asisten I Rifani menyampaikan  sampah merupakan permasalahan lingkungan yang membutuhkan solusi. Olehnya, seluruh pihak harus bijak dalam mengelola sampah.
 
Asisten I mengatakan secara aturan, Pemkot Palu telah menetapkan Perda No. 3 tahun 2016 tentang Perubahan Perda No. 11 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Perda tersebut, katanya telah mengatur jadwal pembuangan sampah dari pukul 6 sampai 18.00 WITA.
 
Pemkot Kota Palu kata dia , sangat berharap melalui Gerakan Gali Gasa, mampu menciptakan kesadaran kolektif Pemerintah dan masyarakat kota Palu mengenai pentingnya kebersihan lingkungan.
 
Usai dilepas Asisten I Kota Palu, Para Massa aksi bersih tersebut bergerak membersihkan sampah-sampah mulai dari Lapangan THU, tepi sungai Palu, jalan Wahid Hasyim, kawasan pasar Bambaru, jalan Gajah Mada, dan kembali di Lapangan THU.
 
Kegiatan ini dirangkaikan dengan senam sehat dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Film Pendek Aksi Gali Gasa yang telah dilaksanakan pemuatarannya pada Sabtu malam, 13 Juli 2019 di lokasi yang sama.