JOB Tomori – YRE Lakukan Konservasi Energi dan Pertanian Berkelanjutan

Foto : Rumah Cacing , salah satu bentuk pengembangan kawasan ekonomi produktif melalui Konservasi Energi dan Pertanian Berkelanjutan. Program ini dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Rumah Energi ( YRE ) yang dimulai sejak tahun 2018 hingga 2020 mendatang. (Dok : Aswat for Utustoria)
Utustoria.com , BANGGAI - Dalam mendukung masyarakat mandiri diwilayah kerja, Joint Operationg Body Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi ( JOB Tomori ) melakukan pengembangan kawasan ekonomi produktif melalui Konservasi Energi dan Pertanian Berkelanjutan. Program ini dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Rumah Energi ( YRE ) yang dimulai sejak tahun 2018 hingga 2020 mendatang.
 
Dibawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas ( SKK Migas ) sebagai Kontraktor Kontrak Kerjasama ( KKKS), JOB Tomori yang beroperasi di Kabupaten Banggai terus menunjukan keseriusannya dalam program–program Tanggung Jawab Sosial (TJS) disekitar wilayah operasi. Khusus program ini, JOB Tomori bersama YRE mengelola potensi limbah organik serta pengembangan pupuk organik melalui teknologi Biogas di Desa Sumberharjo dan Desa Slametharjo, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
 
Mulai tahun 2019, Aplikasi teknologi Biogas Rumah (BIRU) diharapkan menjadi upaya komprehensif dalam mengembangkan kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan yang berwawasan konservasi energi dan lingkungan secara berkelanjutan. Dari program ini JOB Tomori & YRE berharap dapat meningkatan kesejahteraan secara sosial maupun ekonomi melalui potensi sumber pendapatan dari pemanfaatan bio-slurry (ampas biogas) dengan berbagai produk turunan yang dihasilkan. Selain itu juga tercipta lapangan kerja untuk pengembangan sektor biogas secara lokal terutama tenaga pembangun instalasi biogas yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidangnya.
 
Tim YRE yang memberikan pelatihan teknis dan peningkatan kapasitas bagi masyarakat, melakukan pendampingan intensif selama beberapa bulan ini. Disamping itu pendekatan secara personal juga dilakukan untuk mengawal para penerima manfaat dalam mencapai setiap kemajuan dari kegiatan pemberdayaan. Di awal tahun 2019 juga telah diadakan kerja sama dengan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Sumberharjo, dalam kerangka keberlanjutan dan tujuan jangka panjang program BUMDes akan berperan sebagai mitra pengembangan program bersama JOB Tomori. 
 
Tahap yang dilakukan saat ini adalah pembangunan infrastruktur yang dimulai sejak bulan Januari hingga Juli 2019, antara lain pembangunan reaktor biogas dan demo plot untuk bisnis berbasis bio-slurry. Demo plot terdiri dari demo plot rumah cacing/vermikompos, demo plot rumah pupuk, dan demo plot budidaya ikan yang masing-masing terdapat di dua lokasi (rumah pengguna biogas di Desa Sumberharjo dan Desa Slametharjo.