Polda Sulteng Berhasil Menyelamatkan 28.721 Orang Dari Ancaman Narkoba

Foto : Polda Sulteng saat melakukan konferensi pers terkait penangkapan dan penanganan kasus narkoba. (Foto: Muhajir/Utustoria)
Utustoria.com , PALU -  Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) menggelar Konferensi pers mengenai penanganan kasus narkoba pada saat jelang Hari Bhayangkara Ke-73 dan  berhasil menyelamatkan 28.721 Orang dari ancaman Narkoba jenis sabu. Palu, 09 Juli 2019, bertempat digedung Torabelo Polda Sulteng. 
 
Penangkapan Pertama atas Dasar Laporan Polisi : LP/180/VI/2019/SPKT/Sulteng, tanggal 25 Juni 2019. 
Kronologis Penangkapan tersebut dilakukan Pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2019 sekitar pukul 15.00 Wita berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh anggota Subdit 3 Ditres narkoba Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKBP P. Sembiring, bahwa telah terjadi penyalahgunaan Narkotika di wilayah Jl. Cendrawasih, Desa Tinggede, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi , Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Kemudian petugas melakukan penangkapan terhadap pria berinisial RF dan menyita barang bukti sebanyak 49,8112 Gram Narkotika jenis Sabu.
 
Selanjutnya, dilakukan pengembangan terhadap WRP dan IS bertempat di Jl. Kakak Tua, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan menyita barang bukti sebanyak 39,2544 Gram Narkotika jenis Sabu.
 
Berdasarkan hasil interogasi dari ketiga tersangka bahwa barang bukti tersebut merupakan pemberian dari RN sehingga anggota melakukan penangkapan terhadap  RN bertempat di Jl. Zebra, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan Kota Palu.
 
Kemudian Barang Bukti Dan tempat kejadian perkara (TKP) yang berhasil diamankan yaitu Sabu seberat  49,8112 Gram yang diamankan di TKP pertama, Jl. Cendrawasih, Desa Tinggede, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. 
 
 
Untuk yang berikutnya Sabu seberat 39,2544 Gram yang diamankan dari TKP kedua, Jl. Kakak Tua, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore Kota Palu. 
 
Dari hasil penangkapan pihak Polda Sulteng , berikut identitas identitas tersangka : 
 
-RF, pekerjaan swasta, alamat Jl. Tombolotutu, Kel. Talise,Kec. Mantikulore Kota Palu;
 
- RN, pekerjaan swasta, alamat  JL. M.H Thamrin No. 67 Kel. Besusu Timur Kec. Palu Timur Kota Palu;
 
- WRP, pekerjaan swasta, alamat  Jl. Garuda No. 1B RT/RW : 002/004,Kel. Birobuli Utara, Kec. Palu selatan Kota Palu;
 
- IS, pekerjaan swasta, alamat Jl. Kakak Tua, Kel. Tanamodindi, Kec. Mantikulore Kota Palu.
 
Berikut pasal yang disangkakan oleh tersangka  :
 
Terhadap , RS  yaitu 114 AYAT (2) : Menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika PENJARA SEUMUR HIDUP/5-20 Tahun penjara dan DENDA 1 M – 10 M. 
 
Lanjut pasal 112 AYAT (2) : Memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika bukan tanaman,PENJARA 4 -2 Tahun dan DENDA 800 Juta 8 M.
 
Terhadap WRP, IS dan RN, 114 AYAT (2) : Menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika PENJARA SEUMUR HIDUP/5-20 Tahun penjara dan DENDA 1 M – 10 M.
 
112 AYAT (2) : Memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika bukan tanaman,PENJARA 4 -2 Tahun dan DENDA 800 Juta – 8 M.
 
JO 132 : Percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika sebagaimana dimaksud dalam pasal 111 s/d 126 PENJARA YANG SAMA SESUAI DENGAN PASAL TERSEBUT.
 
PENANGKAPAN KEDUA
 
Atas Dasar Laporan Polisi : LP/189/VII/2019/SPKT/Sulteng, tanggal 03 Juli 2019. Dan Kronologis Penangkapan dilakukan Pada hari Rabu tanggal 03 Juli 2019 sekitar pukul 18.05 Wita berdasarkan laporan informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi penyalahgunaan Narkotika di jalan Emi Saelan Kota Palu, kemudian anggota Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKBP P. SEMBIRING, S.IK melakukan penyelidikan dan penangkapan serta penggeledahan terhadap  MI dan AP. Tim menemukan barang bukti sebanyak 2 (Dua) paket besar dan 10 paket sedang yang diduga Narkotika jenis Sabu.
 
Kemudian sekitar pukul 18.35 Wita dilakukan pengeledahan kembali di rumah salah satu tersangka yaitu Lk. AP dan petugas menemukan barang bukti sebanyak 10 (Sepuluh) paket besar, 3 (Tiga) paket sedang, 2 (Dua) paket kecil yang diduga Narkotika jenis Sabu dan 1 (Satu) buah timbangan digital.
BARANG BUKTI DAN TKP :
 
1. 2 (Dua) paket besar dan 10 (Sepuluh) paket sedang yang dimankan petugas di TKP pertama  Jl. Emi Saelan, Kel. Tatura Selatan, Kec. Palu selatan Kota Palu;
 
2. 10 (Sepuluh) paket besar, 3 (Tiga) paket besar dan 2 (Dua) paket kecil yang diamankan petugas di TKP kedua Jl. Tanjung Tururuka II, Kel.Lolu selatan, Kec. Palu Selatan Kota Palu.
 
Jumlah keseluruhan barang bukti sebanyak 3.501,16328 Gram (Tiga Kilogram Setengah) Narkotika jenis Sabu.
 
IDENTITAS TERSANGKA :
 
1. MI, pekerjaan swasta alamat  JL. ANOA 1 No. 55 Kel. Tatura Selatan, Kec. Palu Selatan Kota Palu;
 
2. AP,pekerjaan swasta alamat Jl. Tanjung Tururuka II No. 5 Kel. Lalu Selatan, Kec. Palu selatan Kota Palu.
 
D. PASAL YANG DI SANGKAKAN :
 
- 114 AYAT (2) : Menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika PENJARA SEUMUR HIDUP/5-20 Tahun penjara dan DENDA 1 M – 10 M.
 
- 112 AYAT (2) : Memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika bukan tanaman,PENJARA 4 -2 Tahun dan DENDA 800 Juta – 8 M.