Peroleh 35 Suara , Rusli Dg Palabbi Terpilih Sebagai Wagub Sulteng

Foto : Rapat paripurna DPRD Provinsi Sulteng saat melakukan pemilihan wakil Gubernur Sulawesi Tengah. (Foto: Muhajir/Utustoria)
Utustoria.com , PALU - Telah lama mengalami kekosongan jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah pasca wafatnya Wagub Alm H. Sudarto kurang lebih 3 tahun lamanya kini telah terisi. Hal itu dilakukan oleh DPRD Provinsi Sulteng  dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Alimidin Paada.  pada Senin (8/7/2019) dan menetapkan Rusli Dg Palabbi menempati Jabatan Wagub Sulteng.
 
Rusli Dg Palabbi  merupakan Sekretaris DPW PAN Sulteng yang juga mantan anggota DPRD Prov Sulteng. Dirinya dipilih para wakil rakyat DPRD Sulteng melalui konsolidasi yang matang. Politisi PAN ini menggunguli rival terdekatnya Andi Mansur Pasande untuk posisi Wakil Gubernur Sulteng sisa masa jabatan 2016-2021.
 
Kini Gubernur Sulteng Longki Djanggola tidak lagi sendiri dalam memimpin Sulawesi Tengah. Adanya Rusli Dg Palabbi, Gubernur Sulteng dua periode ini  dapat menyelesaikan sisa masa jabatan hingga dua tahun ke depan. 
 
Dari jumlah anggota DPRD Provinsi Sulteng 44 orang, hanya 43 yang menghadiri proses pemilihan. Sedangkan 1  anggota DPRD tidak hadir yakni Ketua DPRD Aminudin Ponulele (Partai Golkar) yang dalam hal ini dalam keadaan Sakit. 
 
Usai pidato pembukaan oleh Alimudin Paada, proses selanjutnya diserahkan kepada panitia pemilihan yang dipandu Wakil Ketua DPRD Alimudin Paada, Politisi Partai Gerindra, Sebelum pemilihan dimulai panitia membuka kotak yang didalamnya terdapat surat suara dan lembaran perhitungan hasil pemilihan. 
 
Pada proses demokrasi memilih Wakil Gubernur Sulteng itu, Rusli Dg Palabbi  menyandang nomor urut satu dan Andi Mansur Pasande nomor urut dua. dan dihadirkan  Saksi dari masing-masing Partai Pengusung dan Panitia. Kemudian satu-persatu nama anggota DPRD yang hadir yang hadir maju mengambil surat suara untuk melakukan pencoblosan.
 
Setelah 43 anggota DPRD selesai menyalurkan hak pilihnya, panitia melakukan perhitungan. Hasilnya Rusli Dg Palabbi dengan nomor urut satu berhasil menyabet 35 suara atau mendapatkan dukungan hampir seluruh anggota DPRD yang hadir. Sedangkan Andi Mansur Pasande  dengan nomor urut dua mendapatkan 8 suara. 
 
Alimudin Paada dalam pidatonya menyampaikan rapat paripurna yang digelar ini merupakan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Tahun 2018 tentang pedoman Tata tertib DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota Pada Pasal 23 Huruf D disebutkan bahwa salah satu tugas wewenang DPRD yaitu, memilih kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam hal terjadi kekosongan untuk meneruskan sisa masa jabatan lebih dari 18 Bulan dan Peraturan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah No 01 Tahun 2018 tentang Tata tertib DPRD pada pasal 127 ayat 1 DPRD melaksanakan pengisian jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah melalui mekanisme pemilihan dalam hal Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara bersama-sama tidak menjalankan tugas karena berhenti atau meninggal dunia,”jelasnya. 
 
Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Gubernur ini di Hadiri Sekprov Sulteng  Hidayat Lamakarate yang Mewakili Gubernur Sulteng Longki Djanggola, dan di Hadiri Muspida Prov Sulteng serta Unsur Pemerintah Provinsi Sulteng dan  Para Insan Pers.
 
Sekedar diketahui proses pemilihan Wakil Gubernur Sulteng di Kantor DPRD Prov Sulteng Tampak aparat Kepolisian disiagakan untuk mengamankan jalannya rapat paripurna pemilihan tersebut yang sampai selesai berlangsung aman.
 
 
Editor : Marhum