Herwin Yatim dan Prestasi Banggai Menjelang Pilkada 2020

Foto : Ir. H. Herwin Yatim
Oleh : Marhum Dg Backrie
 
Utustoria.com , Membludaknya perolehan kursi di Parlemen Lalong pada Pileg 2019 menjadi Spirit baru bagi Herwin Yatim untuk maju pada Pilkada serentak 2020 mendatang.
 
Dengan memperoleh total 10 kursi , Herwin diprediksi bakal melenggang untuk memimpin Banggai pada periode berikut. Apalagi selama Ia menjabat sebagai Bupati Banggai , Herwin mampu meraih banyak prestasi yang ditandai dengan penghargaan.
 
Apakah iya?
 
Mengingat kembali Pilkada pada 2015 lalu pasangan Herwin Yatim - Mustar Labolo dengan tagline Win-Star berhasil mengalahkan dua pasangan calon Ma'mun - Batia dan Sofyan - Sukri yang mana Ma'mun Amir merupakan mantan Bupati Banggai dan mantan DPD RI sedangkan Sofhian Mile merupakan mantan Aleg Senayan dan Petahana Bupati Banggai pada waktu itu namun justru Win-Star yang memperoleh suara tertinggi dan maju sebagai pemenang pada Pilkada 2015.
 
Tentu kompetisi pada waktu itu bukan perkara yang mudah untuk menang karena mengingat kedua lawannya merupakan mantan Bupati Banggai bahkan punya catatan sebagai Aleg di Senayan.
 
Saat ini Herwin Yatim digadang-gadang masih tetap berada diatas angin pada Pilkada 2020 nanti , bahkan banyak yang memprediksi Herwin bakal melawan kotak kosong yang bisa diartikan tidak bakal ada figur maupun politisi yang sanggup melawan Herwin Yatim, terlebih Mustar Labolo dikabarkan akan tetap mendampingi Herwin pada Pilkada mendatang.
 
Namun,wacana yang berkembang melalu media masa menghadirkan sejumlah nama tokoh sebagai lawan yang bakal menghadang Herwin menuju periode keduanya.
Nama - nama itu diantaranya , H. Amiruddin Tamoreka , Sulianti Murad , Ma'mun Amir , Sofyan Mile , Batia Sisilia Hadjar , Syamsul Bahri Mang , Ihwan Datu Adam.
Semakin mengerucut isu tersebut menggelinding pada H. Amiruddin Tamoreka yang digadang-gadang sebagai Kuda Hitam pada Pilkada Banggai dan Sulianti Murad yang notabenenya masih memiliki hubungan keluarga dengan Herwin Yatim lebih tepatnya anak dari pengusaha ternama yaitu Murad Husain.
 
Seperti yang diketahui bersama bahwa sejumlah nama yang sempat tertulis itu belum menjadi kepastian akan maju melawan Herwin Yatim. Jika prediksi maupun isu yang terbangun adalah benar , apakah Herwin mampu mempertahankan kedudukannya pada Pilkada 2020 nanti , dan apakah sejumlah prestasi Banggai yang dihadiahkan Herwin dapat mempertahankan Herwin untuk duduk sebagai Bupati dua periode ?
 
Semua pihak tentunya masih menunggu kejutan-kejutan politik yang akan terjadi.