Sosok H. Amir Tamoreka Pada Pilkada Banggai 2020

H. Amiruddin Tamoreka
Oleh : Marhum Dg Backrie
 
Utustoria.com - Kabupaten Banggai tidak lama lagi akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dijadwalkan pada 2020 tahun depan.
 
Meski pasangan dengan tagline Win-Star (Herwin Yatim - Mustar Labolo) digadang-gadang masih berada diatas angin , namun nama Haji Amiruddin Tamoreka saat ini lagi ramai diperbincangkan ditengah - tengah diskusi para pengamat politik maupun para pemuda diwilayah Kabupaten Banggai , terlebih di wilayah Dataran Toili yang mana wilayah tersebut dianggap wilayah basis kemenangan Win - Star pada pemilu sebelumnya.
 
Walaupun sosoknya telah menjadi buah bibir dalam berbagai analisa politik yang ada di Banggai, namun sampai sejauh ini belum ada sikap klarifikasi dari pihak H. Amir atas benar tidaknya wacana yang terbangun di masyarakat atas maju tidaknya beliau di kanca pesta demokrasi Banggai pada 2020 nanti.
 
Sosok H. Amir diyakni mampu memperoleh suara yang signifikan karena dirinya tidak hanya dikenal sebagai orang yang dermawan tapi juga memiliki kepribadian sosial yang sangat tinggi terhadap masyarakat kalangan bawah dan memiliki peranan penting bagi proses pembangunan seperti tempat ibadah dan lainnya terlebih diwilayah lumbung padi yang juga merupakan tempatnya dibesarkan.
 
Munculnya sosok H.Amir seperti membangunkan spirit baru dan menaikan ekspetasi politik di Kabupaten Banggai. Minimal, saat ini publik tidak lagi berbicara Win - Star masih tetap diatas angin pada kompetisi Pilkada 2020 nanti karena dianggap telah memiliki lawan yang cukup membuat Win - Star berhitung.
 
Dengan tersebarnya pemungutan polling suara disejumlah media sosial yakni Facebook dan WhatsApp dengan menggunakan link website Pollingkita.com nama H. Amir memiliki posisi yang bersaing.
 
Apakah sosok H. Amir akan mangaminkan wacana politik yang tengah ramai ini untuk kemudian maju di Pilkada 2020 sebagai salah satu lawan dari petahana?
Sejauh ini semua pihak sedang menunggu sikap dan klarifikasi dari pihak H.Amir.