DPD KNPI Kabupaten Banggai Hadiri MUSCAM Di Kecamatan Moilong

Foto: Pengurus DPD KNPI Banggai Bersama Kades Dan Pemerintah Kecamatan Moilong serta Polsek Toili Moilong/Prayugo

Moilong, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com

DPD KNPI Banggai melaksanakan Musyawarah Kecamatan ke-III (MUSCAM), itu terlihat saat Ketua DPD KNPI Banggai Irfan Bungajim melakukan pembugaran kembali Pengurus Kecamatan (PK) di Kecamatan Moilong periode 2018 - 2021 tepatnya di Balai Desa Karang Anyar.

Acara yang juga dihadari oleh , Camat Moilong, Kapolsek Toili , sejumlah Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua Forum Pemuda Desa (FPD) sekecamatan Moilong serta simpatisan dari beberapa pemuda desa Kecamatan Toili.

Ketua KNPI Kabupaten Banggai, Irfan Bungajhim, SH menuturkan, posisi pemuda sangat penting untuk ikut terlibat langsung dalam pembangunan Daerah Kabupaten Banggai hingga pada lingkup desa. Sebab, sejauh anggapan terhadap pemuda bahwa posisi-posisi strategis ditingkat daerah maupun desa pemuda masih diartikan sebagai pelengkap saja.

"Pemuda harus diberi kesempatan dan kepercayaan untuk ikut terlibat penuh dalam pembangunan daerah" tuturnya (26/04)

Ia melanjutkan, lahirnya KNPI pada tahun 1973 adalah hasil representasi dari pemuda untuk menuangkan segala gagasan serta ikut melakukan pengawalan terhadap perkembangan daerah. Lahirnya FPD juga  diharapkan mampu bersinergi bersama Pemerintah Desa dan KNPI Kecamatan (PK) mampu membangun konsolidasi pemuda disemua desa.

"Forum pemuda desa di Kabupaten Banggai menjadi rujukan bagi DPD KNPI di daerah-daerah lain," tambah pria yang akrab disapa IB itu.

Muscam yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Banggai, Amlin Usman itu menetapkan 15 peserta yang memiliki Hak Memilih dan 3 Calon Ketua KNPI Kecamatan Moilong yakni, Akun Baehaki, Sahran dan Zulfikar. Dengan model pemilihan yang sportif dan tanpa interfensi menetapkan Akun Baehaki sebagai Ketua KNPI hasil pemilihan dengan perolehan 11 suara dari hasil vouting.

Hasil ketetapan itu disambut baik oleh forum,  dan sangat diharapkan Akun Baehaki sebagai PK KNPI Kecamatan Moilong terpilih dapat membawa aspirasi pemuda nantinya.

Dalam penyampaiannya, Ketua Terpilih Akun Baehaki menjelaskan, dengan terpilih dirinya menjadi ketua diharapkan OKP yang ada di Kecamatan Moilong dapat bekerjasama dalam menjalankan roda organisasi bersama kader yang akan dibentuk kedepan.

"Kedepan, kita akan lakukan pendidikan khusus untuk pemuda di desa dengan wawasan kebangsaan, kedaerahan, serta peran pemuda untuk membangun desa" jelasnya. (Sp)