Ketua DPRD Banggai , I Putu Gumi dan Fuad Muid Ramai Diperbincangkan

Foto : I Putu Gumi (kiri) dan Fuad Muid (kanan). (Foto : ist)
Utustoria.com , BANGGAI - Perolehan 10 kursi PDIP dikacah Pileg DPRD Kabupaten Banggai 2019 ini menjadi ramai diperbincangkan oleh sejumlah tokoh politik dan masyarakat pada umumnya.
 
Pembahasan yang hangat itu tentang siapakah yang memegang palu parlemen lalong dari partai Moncong Putih itu. Apakah I Putu Gumi , Fuad Muid , Kartini Akbar atau Suprapto ?
 
Dari empat figur andalan PDIP tersebut tiga diantaranya merupakan Caleg yang berasal dari wilayah Dapil IV dan memperoleh suara yang cukup signifikan. Namun , diwilayah Dapil IV dari keempat nama tersebut yang ramai diperbincangkan justru Caleg asal Toili Barat I Putu Gumi dan Fuad Muid yang berasal dari Kecamatan Kintom yang diprediksi akan menduduki jabatan sebagai ketua DPRD Banggai karena beberapa pertimbangan.
 
Tetapi terlepas dari itu, masyarakat Kabupaten Banggai belum dapat meraba dengan pasti siapakah yang paling pantas menggenggam palu parlemen itu. Sebab , untuk hal teknis tersebut merupakan kewenangan Herwin Yatim selaku Ketua DPC PDIP Kabupaten Banggai untuk merekomendasikan seperti yang diatur dalam UU MD3 tentang menempati posisi jabatan ketua DPRD.
 
Sehingga harapan serta prediksi masyarakat Kabupaten Banggai terkait pemegang palu parlemen masih menjadi rahasia dan akan ditentukan oleh ketua DPC Banggai yaitu Herwin Yatim.
 
Apakah benar , kursi ketua dan Palu hanya diperebutkan kedua Caleg ini saja, atau justru lebih mengarah pada Kartini Akbar dan Suprapto?
 
Kepastian tersebut jelas mengacu pada rekomendasi Herwin Yatim sebagai ketua DPC PDIP Banggai untuk memastikan siapakah yang layak untuk menjadi ketua DPRD Banggai.