Tiga Kabupaten Di Sulteng Bakal Digelar PSU

Foto : tumpukan kotak suara di Sekretariat PPK di Kantor Camat Toili pada 18 April 2019 yang diakibatkan terlambatnya distribusi logistik pemilu oleh KPU Banggai.(Utustoria/Marhum)
Utustoria.com, PALU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah saat ini telah mengeluarkan jadwal terkait pemungutan suara ulang (PSU) pada 25 dan 27 April 2019 di lima TPS di tiga Kabupaten di Sulawesi Tengah.
 
"Untuk sementara lima TPS sudah terjadwal dan siap dilaksanakan," kata Komisioner KPU Sulawesi Tengah Bidang SDM, Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi, Sahran Raden, di Palu, Selasa (23/4/2019) yang dikutip dari Sulteng.antaranews.com.
 
Salah satunya yakni Kabupaten Tolitoli yang terdapat dua TPS berpotensi PSU meliputi, TPS 11 Desa Laulalang, Kecamatan Tolitoli Utara dan TPS 1 Desa Lantapan, 
Kecamatan Galang.
 
KPU, lanjut Sahran, telah menjadwalkan pelaksanaan PSU di dua TPS tersebut, yang dijadwalkan dilaksanakan pada 25 April 2019.
 
Selanjutnya yakni Kabupaten Morowali yang terdapat tiga TPS berpotensi PSU, dua dari tiga TPS itu yakni TPS 1 Desa Kaleroang, TPS 2 Umbele Lama, telah terjadwalkan untuk PSU pada 25 April 2019.
 
Dan TPS 1 Desa Kasuari Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut, sudah terjadwalkan untuk PSU tanggal 27 April 2019.
 
Pada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah mencatat terdapat 47 Tempat Pemungutan Suara di sembilan kabupaten dan satu kota se-provinsi Sulteng berpotensi dilakukan Pemungutan Suara Ulang.
 
Data tersebut dikeluarkan Bawaslu Sulteng tanggal 23 April 2019 pukul 09.45 Wita. 
 
Bawaslu dan jajarannya di kabupaten dan kota telah mengeluarkan rekomendasi untuk pelaksanaan PSU 47 TPS tersebut.
 
Lima TPS dari 47 TPS yang direkomendasikan oleh jajaran Bawaslu telah terjadwalkan untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang. Selebihnya menunggu jadwal penetapan PSU dari KPU.
 
Beberapa alasan Bawaslu merekomendasikan PSU di 47 TPS itu antara lain, ditemukan adanya pemilih melakukan pencoblosan dengan menggunakan e-KTP, namun beralamat di wilayah lain.
 
 
 
 
Upload   : Marhum 
 
Sumber  : Sulteng.antaranews.com