Kapolres Banggai Diminta Dekatkan Pelayalanan SIM dan SKCK

Foto : Kapolres Banggai saat menyambangi kaum duafa yang juga turut hadir dalam kegiatan kunkernya. (Utustoria/marhum)
Utustoria.com, BANGGAI - Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kapolres Banggai diminta untuk dapat lebih mendekatkan kantor pelayanan SKCK dan SIM.
 
Hal itu diungkap oleh Kepala Desa Tirtasari dan Samalore Kecamatan Toili saat sesi tanya jawab pada kunjungan kerja (Kunker) kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh S.I.K, SH, MH di Polsek Toili pada Selasa (27/11).
 
Kepala Desa Tirtasari, Mustofa Kepada Kapolres Banggai menyampaikan keluhan masyarakatnya terkait pembuatan SKCK yang harus menempuh perjalanan kurang lebih 120 menit (2 jam) untuk dapat sampai ke Mapolres Banggai. Sehingganya jika dapat dilakukan, masyarakat Kecamatan Toili sangat berharap pengurusan SKCK dapat dilakukan di Mapolsek Toili.
 
"Jika tim tekhnis misalnya perumusan sidik jari tidak bisa dilakukan oleh personil Polsek Toili, sekiranya Polres Banggai bisa mengirikan tenaga ahlinya,"tuturnya.
 
Selain itu, Kepala Desa Samalore, Beddu Raja mengatakan sama halnya dengan pengurusan surat ijin mengemudi (SIM), agar kiranya juga dapat dilakukan di Polsek Toili karena mengingat jarak tempuh yang cukup jauh.
 
"Biasanya ada pembuatan SIM keliling, itu sangat membantu masyarakat disini, karena tidak perlu lagi ke Kota Luwuk,"singkatnya.
 
Menanggapi hal tersebut, Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh S.I.K, SH, MH akan berkoordinasi dengan Kasat Intel Polres Banggai terkait pembuatan SKCK di Mapolsek Toili.
"Kalau memang bisa kita akan upayakan untuk SKCK,"tandasnya.
 
Demikian pula pembuatan SIM, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kasat Lalu Lintas (Lantas). "Kebetulan saat ini Kasat Lantas ada hadir dalam kegiatan ini, mungkin bisa sekalian dijelaskan,"tambahnya.
 
Sehubungan dengan itu, kasat Lantas Polres Banggai AKP Dediawan mengatakan terkait pembuatan SIM, pihaknya bersedia untuk mengarahkan pembuatan SIM keliling untuk wilayah Dataran Toili. Namun sebelumnya, warga yang ingin membuat SIM, agar dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Polsek Toili.
 
"Jika jumlahnya sudah memungkinkan, kita siap untuk melakukan tes pembuatan SIM, dan nanti Kapolsek Toili yang berkoodinasi dengan kami,"ujarnya.