Panwascam Toili Sebut Masih Ada APK caleg Langgar Aturan

Foto : Ketua Panwascam Toili, Ikhsan Panreru
Utustoria.com, BANGGAI - Meski telah disampaikan terkait peraturan penyebaran serta pemasangan atribut peraga kampanye (APK) masih saja beberapa tim sukses maupun relawan Calon Legislatif (Caleg) yang menyalahi aturan.
 
Hal itu diungkap oleh Ketua Panwascam Toili Iksan Pareru pada Utustoria pada Selasa (20/11). Pasalnya dirinya telah beberapa kali menemukan APK dari beberapa Caleg yang terpasang dipohon dan dipersimpangan jalan.
 
Meski ia tidak menyebutkan Caleg yang melanggar terkait pemasangan APK, ia menyarakan seluruh tim sukses maupun relawan sebelum melakukan penyebaran APK calon harus lebih dulu memahami betul aturan-aturan yang berlaku.
 
Contohnya seperti setiap desa setiap calon tidak dapat lebih dari 10 baliho yang terpasang, tidak dibenarkan memasang APK disetiap tiang listrik, pohon, tempat ibadah, bangunan milik pemerintah, sarana pendidikan formal, dan tidak dapat memasang bendera dipersimpangan jalan umum.
 
"Seperti pohon, bisa dipasang terkecuali pohon tersebut masuk dalam pekarangan warga dan mendapat persetujuan oleh pemilik lahan, kalau seperti itu tidak jadi masalah,"ujar Iksan.
 
Selain itu, perlu diketahui oleh tim sukses, relawan serta seluruh masyarakat, ketika saatnya waktu kampanye terbuka, harus dipahami batas waktu yang telah ditentukan paling lambat pukul 17.00 . 
 
"Kalau lewat dari waktu tersebut Panwas akan meminta PPS menembuskan ke PKK untuk dapat memberhentikan aktivitas kampanye tersebut,"pungkasnya.
 
Sehingga ia berharap, dengan momen politik saat ini perlu adanya kerjasama bersama seluruh masyarakat untuk dapat menciptakan situasi politik yang sehat, cerdas dan aman.