BPBD Banggai Lakukan Sosialisasi Pengembangan Destana Di Toili Barat

Foto : BPBD Kabupaten Banggai saat melakukan sosialisasi pengembangan Destana di Desa Kamiwangi, Toili Barat.(Utustoria/Marhum)

Toili Barat, BANGGAI, utustoria.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Banggai melakukan sosialisasi pengembangan Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk Pokja dan relawan Lombaja Wangi di Kecamatan Toili Barat tepatnya Desa Kamiwangi pada Rabu (14/11) sekira pukul 09.30 Wita di Balai pertemuan desa setempat.

Dalam sosialisasi tersebut turut hadir Sekretaris Desa Kamiwangi, Ketua Destana Kamiwangi I Made Suastana, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan Bencana Aris Kalatasik serta Kepala BPBD Banggai Ir. Rensly Saahajad serta kurang lebih 30 relawan Destana yang sempat hadir.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan Bencana, Aris Kalatasik menyampaikan di Kabupaten Banggai terdapat 4 Desa yang terpilih menjadi Desa Tangguh Bencana. Diantaranya Kampangar, Andala, Sentrasari dan Kamiwangi.

Mengingat Desa Kamiwangi merupakan daerah yang rutin setiap tahunnya mengalami banjir, sehingga Pokja serta relawan Destana perlu mengetahui kewajibannya dan mensosialisasikan kepada masyarakat setempat.

"Seperti jalur evakuasi yang telah dibuat, Pokja dan relawan harus mensosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat, agar masyarakat setempat paham dengan jalur yang telah dibuat,"tuturnya.

Tidak itu saja, lanjut pria mantan Camat Toili Barat ini, dengan adanya Destana masyarakat harus memiliki peran aktif dalam penanggulangan bencana.

"Nah, dengan adanya sosialisasi ini dalam beberapa hari kedepan, diharapkan agar materi yang diberikan dapat disalurkan dalam lingkungan masyarakat,"paparnya.