Dongin Bakal Rehab 7 Rumah, Bangun 10 Rumah Di 2019

Foto : Kepala Desa Dongin Ansyar Makka (Utustoria/Marhum)

Toili Barat, BANGGAI, utustoria.com

Pemerintah Desa Dongin Kecamatan Toili Barat melalui pabdes tahun 2019 mendatang akan berencana melaksanakan program pemberdayaan yakni bedah rumah sebanyak tujuh unit.

Pasalnya, adanya rumah yang dinilai tidak lagi layak huni milik warga yang masuk dalam kategori ekonomi lemah dan berstatus janda. Sehingganya sangat perlu uluran tangan pemerintah.

"Iya tahun 2019 kita sudah mulai melakukan bedah rumah,"tutur Kepala Desa Dongin Ansyar Makka pada Utustoria.com, Rabu (14/11).

Namun lanjutnya, program bedah rumah ini hanya diperuntukan untuk warga yang benar-benar memiliki legalitas lahan yang sah. Sehingga tidak bersifat sementara saja.

Tidak hanya itu saja, tambah Ansyar sapaan akrabnya ini, pihaknya juga berencana membangun rumah layak huni untuk warga Desa Dongin yang belum memiliki lahan dan tempat tinggal tetap melalui APBD 2019.

"Kita sudah mengajukan proposal ke Dinas terkait, dan Disnakertrans telah mendisposisi sebanyak sepuluh unit untuk dibangun pada tahun depan untuk tahap satu,"tambahnya.

Menurut datanya yang ada dengan pengajuan proposal, kebutuhan pembangunan rumah layak huni sebanyak 85 unit, namun yang telah di disposisi hanya 10 unit .

"Namun mengingat hal ini merupakan sangat perioritas, saya sangat berharap pada tahun depan Disnakertrans dapat menambah pembangunan rumah layak huni sebanyak 15 hingga 20 unit,"tandasnya.