13 Desember, Peringatan Hari Nusantara Dilaksanakan Di Banggai

Foto Bupati Banggai Herwin Yatim saat bertemu langsung Presiden Joko Widodo di Jakarta.(Utustoria/Humas Pemda Banggai)

BANGGAI, utustoria.com

Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim menyampaikan kesiapannya sebagai tuan rumah untuk melaksanakan peringatan Hari Nusantara 2018 kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 Desember.

Selain itu, Bupati Banggai menyampaikan pula perayaan Hari Nusantara di Kabupaten Banggai juga bisa menjadi momentum potensial karena dapat dirangkaikan bersama peresmian Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk dan PT. Panca Amarah Utama.

Pria yang juga sebelumnya sebagai Wakil Bupati Banggai ini menyatakan bahwa pada kegiatan itu juga dapat dilaksanakan penyerahan sertifikat gratis, kartu petani sejahtera (KPS) dan kartu nelayan sejahtera (KNS) yang telah diprogramkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Banggai.

Sebelumnya , Bupati Herwin juga sudah memaparkan bagaimana kesiapan daerah dari transportasi dan akomodasi yang akan disiapkan pemerintah daerah. Perwakilan panitia dari kementerian terkait juga sudah menyampaikan bahwa kesiapan Kabupaten Banggai sangat baik dan akan diajukan sebagai calon tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara 2018.

Bupati Herwin berangkat ke Jakarta dalam rangka menghadiri pertemuan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Pertemuan tersebut beragendakan pembahasan beberapa poin penting, seperti masalah penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan passing grade yang cukup tinggi. Para bupati memberikan saran untuk menurunkan standar passing grade.

Kemudian, masalah pelayanan investasi yang ramah dimana Presiden mengingatkan agar pemerintah daerah bisa membuka diri terhadap investasi.

Para kepala daerah juga menyampaikan masalah PNS yang diberhentikan agar dilakukan pembinaan terlebih dahulu di daerah.

Hingga masalah perizinan berusaha online single submission (OSS). Perizinan langsung dari pusat agar tetap memerhatikan kondisi lokal wilayah yang ada di daerah.

Menanggapi usulan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan akan mempertimbangkan kembali usulan dari sejumlah kepala daerah tersebut.

Ia juga berpesan agar daerah dapat membuka diri terhadap investasi yang masuk ke daerah. Presiden juga menekankan agar kepala daerah bisa bersinergi dengan DPRD setempat dalam merumuskan pembangunan daerah.

(Humas Pemda Banggai)