Bupati Banggai raih Inagara Award

Bupati Banggai Herwin Yatim saat menerima Inagara Award dari Sekjen Kemendes, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di jakarta, Selasa (30/10) (utustoria/Humas Pemda Banggai)

Luwuk, BANGGAI, utustoria.com

Bupati Banggai H. Ir. Herwin Yatim. MM kembali meraih penghargaan yakni Innovation Awards berupa Inovasi Adminstrasi Negara (INAGARA) yang diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) bersama 25 bupati dan wali kota seluruh Indonesia pada Apresiasi Inovasi dan Forum Replikasi Inovasi 2018.

LAN memberikan Inagra Award kepada 26 bupati/wali kota yang berkomitmen untuk menumbuhkembangkan inovasi di daerahnya melalalui Laboratorium Inovasi LAN.

Selain itu tiga orang pemimpin perubahan yang merupakan finalis lomba INAGARA 2018 turut menerima INAGARA Award.

Penganugerahan penghargaan ini dirangkaikan dengan kegiatan Forum Replikasi Inovasi yang dihadiri oleh sekitar 200 orang pemerhati dan pelaku inovasi sektor publik bertempat di Gedung Makarti Bhakti Nagari-LAN Pejompongan pada Selasa, 30 Oktober 2018.

INAGARA Award diserahkan oleh Menteri Desa RI yg diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, bersama Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M.Si.

Melalui Apresiasi dan Forum Replikasi Inovasi ini, LAN bermaksud mempercepat dan memperbesar arus inovasi di sektor publik Indonesia.

Forum Replikasi Inovasi tahun ini yang bertema Villagepreneurship untuk pemberdayaan ekonomi lokal menghadirkan narasumber Bupati Kulon Progo yang berbicara mengenai inovasi Bela Beli Kulon Progo, Bupati Jembrana mengenai BIMA SENA, Bupati Gunung Kidul mengenai desa wisata Ngelanggran dan Dinas pariwisata Kabupaten Malang dengan Desa Wisata Pujon Kidul.

Inovasi ini dibahas secara mendalam pada sesi diskusi paralel yang bertujuan untuk mendorong proses replikasinya ke daerah asal masing-masing peserta forum.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut yang mendampingi Bupati Banggai Herwin Yatim adalah Asisten I, Kepala Bappeda, Kadis Pendapatan, Kadis TPHP, Kadis Kesehatan, Kadis Perdagangan, Kadis Dukcapil, Kadis Ketahanan Pangan, Kaban BKPSDM, Kaban DPPKA, Kadis Perpustakaan, Sekretaris DPRD, Kabag Humas, Kabag ULP, Camat Luwuk, Camat Nambo, Camat Pagimana, Camat toili barat, Camat Moilong, Camat lobu, Camat balantak utara, Camat Lamala,sekcam luwuk utara, dan Kepala Desa se-Kecamatan Lamala.

Acara ini dilanjutkan dengan Penandatanganan Deklarasi Komitmen Inovasi, dan Diskusi Panel Membahas Potensi Dan Pengembangan Ekonomi Lokal dari Sektor Pertanian, Perikanan, dan Sektor Pariwisata.

(Humas Pemda Banggai)