Mengintip Aktivitas Aipda I Kade Surya, Babinkamtibmas yang Peduli

Foto : Aipda I Kade Surya saat memberikan rasa pedulinya dalam bentuk sembako kepada masyarakat binaannya yang tergolong ekonomi lemah di Desa Mekar Jaya, Toili Barat. (Utustoria/Ist)

Laporan : Marhum Dg Backrie

Utustoria.com

Selain menjaga ketertiban dan keamanan diwilayah binaan, seorang Babinkamtibmas asal Polsek Toili wilayah hukum Polres Banggai yakni Aipda I Kade Surya yang merupakan Babinkamtibmas Desa Mekar Jaya dan Mantawa di Kecamatan Toili Barat ini lebih mendekatkan diri kepada masyarakat binanaannya dengan gerakan sosial.

Seperti yang terlihat di Desa Mekar Jaya pada Jumat (26/10) sekitar pukul 10.00 Wita, pria asal Pulau Dewata ini mendatangi dua rumah warga yang tergolong ekonomi lemah untuk memberikan bantuan yang berupa sembako yakni Keluarga Papu Rumiah dan Inak Husen.

Tindakan sosial yang ia lakukan ini muncul dari inisiatifnya yang tergerak melihat kondisi kehidupan mereka. Tidak pikir panjang, dirinya dengan ikhlas mengorbankan isi kantongnya untuk berbagai rezeki dengan orang yang berada disekelilingnya.

"Kita selain menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah kerja, masyarakat juga merupakan bagian paling penting dalam menjaga kerukunan disetiap wilayah. Sehingga perlu sekali untuk menjaga hubungan silaturahim,"ujar pria yang akrab disapa Surya ini.

Dirinya selalu menanamkan asas pendekatan terhadap masyarakatnya, tidak perduli dengan latar belakang, baik itu dari Agama, suku maupun dari segi ekonomi yang mapan dan yang eknomi lemah. Baginya untuk menciptakan keamanan dalam lingkungan itu mesti ditumbuhkan keharmonisan dalam hubungan antar sesama manusia.

"Jika seluruh masyarakat dapat saling menghargai satu sama lain, kecil kemungkinan terjadi keributan dalam lingkungan, apalagi kalau saling merasa bersaudara itu lebih baik lagi,"tutupnya.