PK KNPI Toili Angkat Bicara Soal Seismik di Dataran Toili

Photo: Ilustrasi/Geofisika

Toili, Banggai. Utustoria.com

Sosialisasi penyelidikan seismik  Pertamina EP di balai Desa Tirta Kencana, Toili, Banggai (20/9), praktis menjadi polemik di beberapa kelompok masyarakat. Sebagian Warga menduga bahwa aktivitas seismik  merupakan peluang ekonomi yang menjanjikan dalam hal ketenagakerjaan. Namun sebagian warga lainnya ada juga yang berpendapat bahwa aktivitas seismik di daerah mereka hanya akan merugikan masyarakat dalam hal Sumber Daya Alam (SDA) dan juga tidak akan menunjang taraf  hidup Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Hal ini diungkapkan oleh Randa salah satu warga yang tim Utustoria.com temui di salah satu warung kopi ternama di Toili.

“tidak ada dalam sejarah eksplorasi hingga ekploitasi akan menguntungkan masyarakat. Dalam waktu yang singkat kita bisa saja tertawa namun dalam waktu yang panjang, anak cucu kitalah yang akan menangis.” Ungkap Randa.

Ditempat berbeda, Azam salah satu pemuda kecamatan Toili, mengemukakan bahwa dengan kian banyaknya proyek perusahaan maka daerah akan semakin baik, diakibatkan peluang kerja yang menurutnya akan semakin besar.  “Makin banyak proyek akan tambah bagus, karena pengangguran semacam saya akan berpeluang mendapatkan kerja” jawab Azam, saat di mintai pendapat.

Pengurus Kecamatan Toili Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI Toili) pun ikut berkomentar. Tidak heran jika PK KNPI Toili ikut merespon setiap polemik yang terjadi di wilayah mereka, sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang berskala nasional, KNPI memiliki peran yang sangat vital di dalam menciptakan perubahan yang lebih baik untuk generasi muda dan masa depan Bangsa.

Ketua PK KNPI Toili, Reza berpendapat bahwa hal yang sedang terjadi saat ini merupakan sesuatu yang terus berulang. Ia hanya tidak menginginkan jika dampak dari pro dan kontra warga akan berujung pada konflik-konflik horizontal. Untuk itu sebagai keterwakilan PK KNPI Toili, Reza mengatakan bahwa pihaknya akan tetap ikut mengawal dan juga memberi peringatan pada pihak perusahaan penyelenggara aktivitas seismik agar tetap bertanggung jawab atas situasi masyarakat yang aman, tentram dan damai.

“sebagai warning, saya harus kembali mengatakan, bahwa tonggak perubahan di setiap daerah akan sangat ditentukan oleh sejauh mana anak mudanya berperan. Tidak terlepas dengan akan diadakannya aktivitas seismik di daerah kami, maka kamipun ingin melihat sejauh mana anak mudanya diberikan peran. Situasi ini akan terus kami kawal ” Pungkas Reza. (Riel)