MENGENAL AKMAL ILYAS: Dari Jualan Kursi Menuju Kursi Parlemen, Dari Bisnis Rumahan menuju Rumah Rakyat!

Photo: Akmal Ilyas/Riel

Utustoria.com

H.Akmal Ilyas lahir di Watampone, 12 April 1979, merupakan anak pertama dari empat bersaudara oleh pasangan Bapak H.Ilyas dan Ibu Hj. Marwah. Terlahir dan besar dari latar belakang keluarga pengusaha menjadikan Mamang, begitu sapaan akrab beliau, memiliki bakat usaha dan tekad yang kuat sejak kecil untuk bersaing dalam ketatnya persaingan ekonomi yang ada di kampung halamannya, Luwuk Banggai.

Tidak sedikit kegagalan yang dialami oleh Pria yang berjanggut tipis ini, diawal karirnya merintis usaha dagang barang-barang kebutuhan rumah tangga, ia kerap kali harus jatuh bangun mengimbangi kerasnya pusaran usaha dagang. Kesalahan demi kesalahan silih berganti menghampirinya, namun tekad gigih dan tidak berputus asa yang ia warisi dari kedua orang tuanya membuat ia harus lebih bersemangat dan terus belajar dari banyak orang-orang sukses yang ia temui.

Tahun 1999 menjadi babak baru. Susan Nuliyanti, nama perempuan yang berhasil meluluh lantahkan hati pria pemilik nama Akmal Ilyas. Menikah di usia muda secara tidak langsung ikut menegaskan bahwa Akmal Ilyas adalah sosok pria yang berani mengambil tanggung jawab. Perjalanan karirnya sebagai seorang pengusaha muda menjadi lebih baik saat dilakoni bersama Sang Istri. Membangun rumah dan toko furniture adalah satu capaian yang sangat luar biasa bagi kedua pasangan suami-istri ini. Kesuksesan sederhana yang telah mereka capai tidak menjadikan keduanya melupakan masa-masa sulit yang pernah dilalui, tetap rendah hati dan bersahabat dengan semua kalangan sosial, itulah yang terlihat dari aktivitas keseharian, bahkan keterlibatan mereka dalam agenda-agenda sosial keagamaan menjadi lebih sering.

Pada tahun 2017. Pria yang juga memiliki hobi bersepeda ini bergabung dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) kabupaten Banggai. Relasi kerja yang terus meluas menjadikannya sebagai salah satu tokoh muda yang berpengaruh di kabupaten Banggai. Ia berteman dengan siapa saja, ia meyakini silaturahim sebagai jalan penggugur dosa dan datangnya rezeki. Olehnya itu ia banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat lintas generasi. Dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa tidak sedikit yang mengakui keterlibatannya di dalam komunitas-komunitas yang mereka bangun.

Usahanya semakin maju, tidak hanya berjualan kursi dan perabotan rumah tangga, sampai pada alat-alat elektronik toko yang ia miliki telah menjadi idola dari banyak pelanggan yang ada di kabupaten Banggai. Kini ia juga mencoba peruntungan dengan mengepakkan sayap usaha ke bisnis property rumah hunian. Bahkan hasil dari kegigihan dan tanggung jawabnya, di beberapa proyek pemerintah dan swasta ia diberikan kepercayaan untuk melakukan investasi pembangunan demi kemajuan masyarakat. Ia menjadi lebih banyak megenal ranah dan kepentingan publik, hal itu pula yang ia menifestasikan kedalam bentuk konkrit. Ia membangun wadah-wadah sosial kemasyarakatan dengan tujuan pengembangan bakat putra-putri daerah, mulai dari aspek olah raga, seni budaya, literasi hingga otomotif dan wirausaha yang di kenal dengan nama H2m Center. ”pemberian yang paling berharga dalam hidup adalah ketika kita masih dapat berbagi dalam segala keterbatasan” Ungkap Ayah tiga anak tersebut.

Baginya, tidak ada kemapanan ekonomi tanpa kemapanan politik kerakyatan. Maka, tanpa merebut kekuasaan politik untuk membangun suatu daerah yang berkemajuan hanya akan menjadi mimpi di siang bolong. Mengapa tidak? Sebab semua kebijakan publik tentunya akan tetap ditentukan oleh kekuasaan politik. Tanpa basa-basi dengan niatan yang tulus ia ungkapkan kepada Utustoria.com bahwa pada kontestasi politik 2019 jika direstui sang Maha Kuasa dan seluruh warga yang ada di daerahnya maka ia akan bertarung di legislatif, dengan alas dasar AMPERA (Amanat Penderitaan Rakyat)  yang selama ini diperjuangkan.

Untuk semua upaya dan jerih paya kami dari tim Utustoria.com mengucapkan terimakasih karena telah ikut menginpirasi. (Riel)

Don’t stop brother!