2019, Ternak Sapi dan Jamban Sehat Jadi Perioritas

Foto : Kepala Desa Saribuana, I Wayan Sergiawan [Utuatoria/Marhum]

Toili, BANGGAI, Utustoria.com

Pemerintah Desa Saribuana Kecamatan Toili Kabupaten Banggai telah melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) dengan sejumlah Tokoh Masyarakat guna mendapatkan hasil perencanaan program pembangunan untuk di desa setempat pada anggaran APBDes 2019.

Dalam Musdes tersebut, menghasilkan kesepakatan pada program pembangunan pemberdayaan masyarakat Pemdes merencanakan mengadakan bantuan ternak sapi sekira 15 ekor dan untuk sektor Kesehatan akan membangun jamban sekira 40 unit. Sebab, dinilai masih banyak warga yang belum memiliki jamban sehat.

"Kita akan adakan 15 ekor sapi dan membangun jamban sekira 40 unit di tahun 2019 mendatang,"ujar Kepala Desa Saribuana, I Wayan Sergiawan pada Utustoria, Selasa (21/8).

Meski begitu, lanjut dia, program pembangunan tersebut belum dapat terlepas dari pembangunan fisik karena kebutuhan masyarakat. Seperti riol (drainase), penimbunan jalan usaha tani, dan plat duiker.

"Untuk tahun depan kita masih punya program fisik, karena itu juga masih menjadi kebutuhan perioritas masyarakat saya,"tandasnya.