Jokowi: Saya Sudah Bicara dengan JK soal Ketua Timses

Foto : Wakil Presiden Jusuf Kalla ditawari untuk menjadi Timses Capres dan Cawapres Jokowi - Ma'ruf.[Utustoria/Istimewa]

JAKARTA, Utustoria.com

Bakal pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin telah resmi terdaftar di KPU sebagai peserta Pilpres 2019. Parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf juga telah menyusun struktur tim sukses (timses) yang akan bekerja untuk dalam pemilihan 17 April 2019 mendatang.

Akan tetapi, hingga kini belum diketahui siapa yang akan menjabat sebagai ketua timses Jokowi-Ma'ruf. Salah satu yang santer disebut akan menjadi ketua timses Jokowi yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Saat diminta konfirmasi usai menjalani tes kesehatan, Jokowi mengaku memang telah meminta JK untuk menjadi ketua timsesnya.

"Ya saya sudah berbicara dengan beliau (Jusuf Kalla) kok," ujar Jokowi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/8).

Jokowi mengatakan, penentuan siapa yang akan menjadi ketua timses merupakan wewenangnya. Termasuk saat mengusulkan nama JK sebagai ketua timses pada Pilpres 2019 kepada parpol koalisi.

"Ya kan dari saya itu (nama JK sebagai ketua timses). Penentuan ketua tim ada di saya," ucapnya.

Sebelumnya Ketua Umum Golkar mengatakan Presiden Jokowi telah memberikan arahan kepada para ketua partai politik pendukungnya. Salah satunya adalah meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk bergabung dalam tim pemenangannya.

Adapun JK mengatakan akan mempertimbangkan permintaan Jokowi itu lebih dulu. Sejauh ini, sikap JK memang mendukung Jokowi, tapi mantan Ketum Golkar itu belum masuk dalam struktur tim pemenangan Jokowi.

"Tentu kita pertimbangkan segala hal, tapi saya tetap menjanjikan kan untuk membantu Pak Jokowi. Jadi sedang kita pertimbangkan bagaimana cara yang terbaik," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Sumber : Kumparan.com/Erandhi Hutomo Saputra