Ikut Simulasi BPBD, Babinsa Siap Bantu Korban Bencana Alam

Foto : Pelda Muktar bersama peserta lainnya saat meragakan penanganan korban bencana alam yang dituntun oleh BPBD Banggai, Suka Maju, Batui Selatan, Kamis (19/7).[Istimewa]

BATAN, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com

Tim Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Banggai (BPBD) melaksanakan kegiatan Simulasi pertolongan korban bencana di Desa Suka Maju Kecamatan Batui Selatan (Batan) Kabupaten Banggai, pada Kamis (19/7).

Pada kegiatan tersebut, terlihat adanya Personil TNI AD Kodim 1308/LB yang diwakili Babinsa Koramil 1308 - 03/Batui yakni Pelda Muktar sebagai salah satu perserta.

Pelda Muktar menjelaskan, kegiatan simulasi (latihan) yang diikutinya itu untuk dijadikan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan pertolongan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam seperti banjir, longsor dan bencana lainnya.

Pada kegiatan simulasi dari BPBD itu, Tim memperagakan cara untuk melakukan pertolongan pada seseorang yang mengalami kecelakaan atau musibah dengan mengangkat korban ketempat yang aman.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE melalui Danramil 1308 - 03/Batui Kapten Inf Herman Bonero menjelaskan, latihan penanggulangan bencana tersebut untuk menghadapi tugas kedepan dalam rangka penanggulangan bencana alam, dimana sebagian wilayah yang ada di Kecamatan Batui Selatan sering terjadi banjir yang mengakibatkan terendamnya beberapa rumah warga akibat hujan deras yang berkepanjangan.

Untuk itu, kata Danramil diperlukan peningkatan profesionalitas prajurit khususnya kepada Babinsa jajaran Kodim 1308/LB yang berada diwilayah rawan bencana alam.

"Wahana latihan yang menjadi prioritas untuk menjawab tantangan tersebut, salah satunya adalah melalui simulasi pertolongan dan penanggulangan bencana alam," tuturnya.

Lanjutnya, latihan yang diikuti oleh Babinsa Pelda Muktar tersebut sangat bermanfaat. Sebab, kegiatan ini diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan khususnya kepada Prajurit dalam hal ini para Babinsa, sehingganya pada latihan tersebut juga dapat menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik, serta dapat diharapkan mampu merespon permasalahan yang terjadi diwilayah khususnya terhadap maasyarakat sekitarnya yang terisolir derah rawan bencana.

Tidak hanya itu, operasi militer selain perang, salah satu tugas TNI untuk membantu Pemerintah Daerah termasuk membantu penanganan penanggulangan bencana untuk meminimalisir korban, dan pada prinsipnya TNI siap membantu Pemda dan masyarakat.

"Sehingga diperlukan persiapan dengan melakukan simulasi penanggulangan bencana dengan melakukan pertolongan kepada korban, agar jika terjadi bencana alam Babinsa sudah siap," tandasnya.