1.110 KPM Terima Dana Bansos Non Tunai

Foto : Sejumlah warga penerima manfaat saat foto bersama dengan anggota PKH dan pihak Bank Mandiri. [Istimewa]

Toili, BANGGAI, Utustoria.com

Pendamping Keluarga Harapan (PKH) Kementrian Sosial (KEMENSOS) wilayah Kecamatan Toili Kabupaten Banggai menyalurkan bantuan sosial non tunai kepada 24 Desa 1 Kelurahan yang ada di Kecamatan Toili, Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Rusa Kencana, sabtu (14/7).

Untuk penyaluran Bantuan Sosial no tunai ini bekerja sama dengan Bank Mandiri sehingganya untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang lama tidak perlu hadir dibalai desa karena secara otomatis bantuan tersebut sudah masuk direkening masing - masing.

“KPM lama sudah kami arahkan langsung ke ATM masing - masing. Sementara yang baru kartunya belum aktif makanya harus datang langsung untuk mengaktifkanya” terang Kordinator PKH Kecamatan Toili Raysmon Bandong

Raysmon Bandong juga mengatakan, Jumlah keseluruhan KPM lama dengan KPM Baru yakni 1.110 penerima. untuk KPM yang baru sekitar 600 penerima, dengan jumlah bantuan yakni Rp 500.000 per penerima atau per keluarga dan itu cair empat kali dalam setahun.

Ada beberapa kategori yang mendapatkan Bantuan Sosial Non Tunai yakni Kategori Lansia, Disabilitas, Reguler meliputi Anak Sekolah SD SMP SMA kemudian Ibu hamil dan balita.

“Sementara itu Kendala yang kami hadapi untuk bantuan lansia dan disabilitas itu belum ada saldonya dari pusat, jadi belum semua dapat dan itu terjadi diseluruh Kabupaten Banggai bukan hanya Toili saja. kami sudah jelaskan kepada mereka dan mereka sudah menegrti.” jelas Kordinator PKH Kecamatan Toili

Ia juga berharap, kedepanya agar program ini terus berlanjut karna program ini bersentuhan langsung dengan masyarakat dan bisa menjadi penuntasan kemiskinan khususnya di kecamatan Toili.