Herwin : 98 Persen Warga Banggai Ditanggung Kesehatannya

Foto : Herwin Yatim [Transsulawesi.com]

Toili, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah memberikan solusi untuk masyarakatnya terkait biaya kesehatan (berobat) di Puskesmas maupun RSUD.

Hal itu diungkap Bupati Banggai Herwin Yatim ketika mendengar keluhan salah seorang warga Desa Cendana Pura Kecamatan Toili saat mengunjungi korban banjir belum lama ini pada Rabu (4/7) lalu.

Pasalnya, warga mengaku untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sangat sulit, sementara berobat masuk dalam pasien umum cukup mahal.

Menanggapi keluhan warga tersebut, Herwin Yatim langsung menegaskan, pembiayaan untuk kesehatan bagi warga Kabupaten Banggai itu sudah gratis, tidak lagi ada transaksi pembayaran.

“Saya sudah tanda tangan kontrak dengan BPJS, jadi seluruh warga Kabupaten Banggai terhitung per januari 2018, 98 persen sudah di tanggung kesehatanya oleh Pemerintah Daerah," jelasnya.

Ia juga menambahkan, tidak hanya warga yang memiliki KIS saja, melainkan yang belum mengantongi kartu tersebut telah dijamin oleh pemerintah daerah. Sebab, Pemda Banggai telah membayar ke pihak BPJS sekira Rp 3 Milyar hingga Rp 4 Milyar per bulan.

“Walaupun belum punya kartu kalau sakit tidak usah bayar. Kalau ada yang bayar langsung kordinasikan kepada Kepala Desa, Camat terus selesaikan dengan Kepala Puskesmas. Kemudian Bidan Desa diberi taulah ini pesan Bupati, supaya kesehatan itu tidak ada lagi bayaran, kalau di pungut biaya kesehatan langsung lapor ke saya selaku Bupati,” Tegasnya.