Jalan Penghubung Mekar Kencana - Tolisu Terancam Putus

Foto : Kondisi jalan penghubung desa Mekar Kencana - Tolisu yang terancam putus. [Utustoria/Marhum]

Toili, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com

Kondisi curah hujan diwilayah Dataran Toili Kabupaten Banggai saat ini cukup membuat warga setempat panik.

Bagaimana tidak, curah hujan saat ini tidak hanya membuat warga untuk siaga adanya luapan air sungai, melainkan jalan penghubung antara Desa Mekar Kencana dan Desa Tolisu terancam putus akibat gesekan air sungai Singkoyo yang terus mengikis sedikit demi sedikit jalan tersebut.

"Jalan ini akses satu - satunya warga di empat desa, yaitu Tolisu, Sindang Baru, Bukit Jaya dan Piondo untuk menuju Ibu Kota Kecamatan untuk melakukan aktivitasnya," ujar salah satu warga Tolisu, Arman pada Utustoria, Selasa (3/7).

Dikatakan, kondisi jalan tersebut saat ini telah mengalami longsor karena kikisan air sungai, dan bronjong yang telah dibuat sejak tahun 2017 lalu telah rubuh. Sehingga tidak ada lagi ruang yang melindungi ruas jalan tersebut.

"Kalau curah hujan masih tetap bertahan seperti ini, maka jalan itu pasti putus dan warga di 4 desa tersebut akan kesulitan untuk melakukan aktivitasnya,"tambahnya.

Sehingga, dengan kondisi seperti itu, Pemerintah Daerah Banggai yang dipimpin Bupati Herwin Yatim diminta untuk dapat memberi perhatian serius untuk dapat menindaklanjuti hal tersebut.