Sepekan Sebelum Lebaran, Pasar Swadaya Mekar Kencana Sepi

Foto: Sejumlah pedagang di pasar swadaya desa Mekar Kencana terlihat santai tanpa pengunjung / Moh. Rifai
Toili, LUWUK BANGGAI, Utustoria.com 
Semakin dekatnya hari kemenangan umat Islam pada hari raya Idul Fitri 1439 H yang hanya kurang lebih sepekan lagi ternyata belum membuat pasar Swadaya yang ada di Desa Mekar Kencana Kecamatan Toili dibanjiri pembeli.
 
Selain tercover dari 24 Desa 1 Keluran di Kecamatan Toili, Pasar Swadaya ini juga menjadi sentral perdagangan di wilayah dataran Toili, namun meski memiliki lokasi yang strategis, kondisi ini membuat sejumlah pedagang yang ada menjadi heran dan galau karena di bulan Ramadhan kali ini pendapatan mereka sangat menurun jika dibandingkan dengan Ramadhan di tahun sebelumnya.
 
"Di bulan puasa sebelumnya, waktu tinggal sepekan saat ini sebenarnya sudah dibanjiri oleh pembeli, tapi melihat kondisi ini penurunan pendapatan saya sangat signifikan," ujar salah satu pedagang, Nur Kholis saat ditemui Utustoria, Jumat  (9/6).
 
Kurangnya pengunjung serta pembeli di tahun ini diduga akibat dari gagal panen sejumlah petani serta banyaknya gabah yang rusak (busuk) akibat musim penghujan yang terus membasahi Toili. Sehingga banyak warga yang lebih memilih menahan diri untuk belanja berlebihan.
 
"Yah apalagi masyarakat Toili ini mayoritasnya adalah petani , ditambah musim hujan ini orang-orang pada malas keluar rumah," tambah salah satu pedagang, Kasian. (pai)