Disnakertrans Siap Fasilitasi SPN Bertemu Pengawas Naker

Foto : Beberapa karyawan yakni driver/operator (skill) diperintahkan untuk membersihkan parit/Dok.Istimewa

MOROWALI, Utustoria.com

Lag-lagi Serikat Pekerja Nasional (SPN) menyaksikan pelanggaran yang tertuang dalam perjanjian kerja yang telah disepakati antara pihak pekerja dan perusahaan.

Hal itu dilakukan oleh Departemen Logistik di kawasan PT IMIP kepada pekerja Skill (ahli) pada saat standbye (non job) akibat kendaraan atau alat kerja mereka mengalami kerusakan.

Ketua DPC SPN Morowali Katsaing mengatakan saat melakukan agriment,  tidak sewajarnya driver dan operator melakukan jenis pekerjaan yang sifatnya sudah bertentangan dengan job (pekerjaan) atau skill mereka yang telah disepakati diawal masuk kerja. Bahkan hal tersebut terkesan adanya intervensi oleh pihak Kepala Departemen asal China untuk diregulerkan apabila mereka (driver dan operator) tidak menuruti perintahnya.

"Itu membersihkan parit, ini terkesan pihak perusahaan tidak profesional, karena pekerjaan yang mereka lakukan pada saat alat atau unit mereka dalam kondisi rusak," tuturnya, Senin (4/6).

Terpisah, Bagian Hubungan Industri (HI) Disnakertrans Morowali, Nurkholis pada Utustoria menyampaikan terkait rencana pengajuan Tripartit SPN ke Disnaker, bahwa kewenangan pengawasan K3 dan pengawasan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Asing (TKA) sejak tahun 2016 Disnakertrans Kabupaten, melainkan kewenangan Dinas Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi.

Dikatakan, berdasarkan undang-undang yang menjadi kewenangan Disnaker yakni pengaduan Hubungan Industrial dan kesertaan BPJS Tenaga Kerjaan serta BPJS Kesehatan.

"Mengenai K3  Jalur pengaduannya ke Pengawas Ketenagakerjaan, sekarang sudah ada Kantornya di Bente, Kecamatan Bungku Tengah," ujarnya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya rencana pengajuan Tripartit oleh SPN, pihaknya mengaku siap untuk memfasilitasi untuk bertemu dan membahas K3 antara Serikat dan Pengawas Ketenagakerjaan. Namun tidak untuk menangani permasalahan K3.

"Kami siap memfasilitasi Serikat untuk bertemu dan membahas K3 antara Serikat dan Pengawas Ketenagakerjaan," tutupnya. (mr)