Perbedaan SPBU Warna Merah, Hijau dan Biru. Ini Penjelasannya; - Utustoria Perbedaan SPBU Warna Merah, Hijau dan Biru. Ini Penjelasannya; - Utustoria

Perbedaan SPBU Warna Merah, Hijau dan Biru. Ini Penjelasannya;

167
Spread the love

Photo: Ilustrasi SPBU (SindoNews.com)

Utustoria.com, Jakarta. Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor tentu melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) adalah salah satu rutinitas yang kerap dilakukan sehari-hari.

Setiap hari anda mungkin melakukan pengisian bahan bakar, tergantung penggunaan atau kebutuhan masing-masing. Saat mengisi BBM di SPBU Pertamina, tak jarang menemui SPBU yang warnanya merah dan biru. Sedangkan yang paling baru, SPBU Pertamina kini juga ada yang berwarna hijau.

SPBU merah, biru, dan hijau. Ini Perbedaannya;

  • Merah

SPBU ini sendiri merupakan SPBU Pasti Pas yang udah ada sejak 2006 sebagai upaya peningkatan pelayanan dari Pertamina kepada pelanggan.

SPBU berwarna merah ini mungkin merupakan yang paling banyak kita temui di Indonesia.

  • Biru

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III (Jawa bagian Barat), Eko Kristiawan mengatakan, SPBU warna biru adalah SPBU Pasti Prima.

“Fasilitas yang disediakan di SPBU berwarna biru lebih lengkap, tidak hanya ada fasilitas standar berupa toilet, tempat ibadah, isi angin, dan minimarket saja,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Sebagai bentuk pengembangan bisnis Non Fuel Retail (NFR), di tempat pengisian BBM tersebut terdapat kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpiji, nitrogen, hingga restoran cepat saji.

  • Hijau

Kemudian untuk SPBU berwarna hijau, Eko melanjutkan, adalah Green Energy Station (GES).

Ia mengungkapkan, GES adalah sebuah konsep baru, layanan terintegrasi bagi masyarakat sebagai konsumen di SPBU Pertamina dengan empat konsep utama.

  • 4 Konsep Utama SPBU

Keempat konsep tersebut, yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel.

“Sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung Grand Strategi Nasional yang telah ditetapkan Pemerintah khususnya pada program transisi energi dan operasional yang lebih ramah lingkungan,” tuturnya.

Konsep Green, kata Eko, terkait penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

Konsep kedua, yakni Future, menawarkan sebuah layanan baru bernama Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau Charging Station dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) atau Battery Swapping Station (BSS).

Lalu konsep ketiga dan keempat yang menurutnya sudah tidak asing lagi, yakni Digital dan High Tier Fuel.

“Digitalisasi dan edukasi berkelanjutan tentang bahan bakar berkualitas, yakni Pertamax Series dan Dex Series sudah menjadi salah satu program utama Subholding Commercial dan Trading,” tandas Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Harus Tahu, Ini Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru, dan Hijau




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *