JOB Tomori Dan Pembangunan Sumber Daya Di Tombiobong - Utustoria JOB Tomori Dan Pembangunan Sumber Daya Di Tombiobong - Utustoria

JOB Tomori Dan Pembangunan Sumber Daya Di Tombiobong

841
Spread the love

Photo: Rekan – Rekan JOB Tomori Dalam Perjalanan Menuju Dusun KAT Tombiobong

Utustoria.com, Banggai. JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) merupakan perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dibawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang berlokasi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Kabupaten Banggai merupakan salah satu daerah yang berada di provinsi Sulawesi Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Luwuk. Wilayah Kabupaten Banggai merupakan pegunungan dan perbukitan serta dataran rendah. Umumnya masyarakat menjadikan tempat tinggalnya di bagian kaki pegunungan dan pesisir.

Komunitas Adat Terpencil (KAT) Loinang berada di wilayah Dusun Tombiobong, Desa Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai. Akses menuju KAT Loinang dapat ditempuh perjalanan darat dengan kendaraan roda empat sekitar 3 jam dari pusat kota Luwuk, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 4 km melintasi satu sungai besar dan dua sungai kecil.

Pada musim hujan wilayah tersebut menjadi terisolir dikarenakan luapan air sungai yang menyebabkan akses terputus.
Akses yang cukup jauh membuat masyarakat di Dusun Tombiobong kesulitan untuk mengakses fasilitas transportasi, pendidikan dan kesehatan. Namun, mereka tetap menjalani kehidupan sehari-hari dengan bergantung pada sumber daya alam yang ada di hutan seperti mencari rotan dan berburu.

Sejak tahun 2020 JOB Tomori bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banggai untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat (community development) dalam bidang Kesehatan, Pendidikan, pemberdayaan Ekonomi serta dan pelestarian Lingkungan. Program peningkatan kesehatan dengan pemberian Nutrisi Tambahan Anak (NUTANAK) untuk mencegah stunting di KAT Loinang. Hal ini sejalan dengan program kerja Pemerintah Kabupaten Banggai untuk aksi integrasi Banggai Menuju bebas stunting.

Selain itu JOB Tomori juga melakukan program peningkatan kualitas pendidikan dengan pembangunan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tombiobong beserta sarana permainan edukasi anak-anak.

Untuk program pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan, JOB Tomori memberikan peningkatan kapasitas masyarakat melalui edukasi dan fasilitasi perkebunan KAT Loinang yang dibagi dalam dua kategori tanaman jangka pendek yaitu bawang merah dan tanaman jangka panjang yaitu lada. Dengan program-program tersebut diharapkan masyarakat KAT Loinang dapat terus meningkatkan kualitas kehidupannya, lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan berkelanjutan dalam jangka panjang untuk pengembangan kualitas generasi berikutnya.

Rencana program kedepannya JOB Tomori akan terus melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada KAT Loinang serta menyediakan akses air bersih kepada semua rumah penduduk sebagai program prioritas untuk pencegahan stunting, karena saat ini hanya sebagian kecil penduduk yang sudah memiliki akses air bersih dan MCK yang baik. (Red)